Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Gelar ‘Silaturahmi dan Diskusi Ilmiah’

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Lampung, menggelar kegiatan Silaturahmi dan Diskusi ilmiah dengan menghadirkan Jamroji, S.Sos., M.Comms, dari Universitas Muhammadiyah Malang sebagai narasumber.

Pada kesempatan itu Jamroji menyampaikan pentingnya membangun kreativitas mahasiswa dalam upaya meningkatkan reputasi. Menurutnya ada empat tingkatan skill  yaitu, comunications, critical thingking, collaborations, creative & innovative thingking.

Berfikir kreatif adalah cara berfikir yg berfokus pada tujuan, Berfikir kreatif adalah berfikir yg menghasilkan metode baru, cara baru, konsep baru, pengertian baru, perencanaan baru dan seni baru. Berfikir kreatif juga disebut berfikir yang divergen yaitu menghubungkan ide atau hal2 yg sebelumnya belum terhubung.

Ciri orang yg berfikir kreatif : Selalu ingin tau, Mencari pokok permasalahan, Menyukai tantangan, Optimis, Penuh imajinasi, Melihat masalah sebagai peluang, Melihat masalah sebagai suatu yang menarik, Menantang asumsi-asumsi, Tidak mudah menyerah, memiliki daya juang tinggi dam pekerja keras, sedangkan karakter ada 5 yaitu ; Nyaman dengan kondisi sekrang setelah berusaha sedikit. Sudah berusaha tapi belom Meraih hasil kerjanya, mengeluh dan menyesal. Ketika susah Meraih hasil menjadi gila harta, tinggi hati dan sombong. Ada yg sudah push the limit, melampaui batasan fisik dan mengajar sesuatu yang jujur lebih berharga. Ada juga yg bingung dengan apa tujuannya

Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Rektor II UM Lampung, Emy Sri Purwani, M.Si. Pada kesempatan itu beliau menyampaikan pentingnya kegiatan silaturahmi dan diskusi ilmiah diadakan secara berkelanjutan sehingga mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang didapat. Dan bagi dosen, dapat melakukan proses pembimbingan pada mahasiswa sehingga menghasilkan output yang sesuai dengan visi misi Fakultas.

Kegiatan ini dilaksanakan di Auditorium Ahmad Dahlan Kampus UM Lampung Lantai 3 pada Selasa, 13 November 2018. Dimulai pada pukul 09.00 kegiatan tersebut berakhir pada pukul 12.00. Peserta kegiatan yang mayoritas mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi dan Ilmu Pemerintahan sangat antusias, hal tersebut terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan dalam diskusi tersebut. (Humas UML)

Leave a Reply