Kuliah Umum “Memahami Tumbuh Kembang Anak”

Fakutas Psikologi Universitas Muhammadiyah Lampung mengadakan Kuliah Umum dengan Tema “Memahami Tumbuh Kembang Anak”. Sebagai narasumber kegiatan tersebut Dewi Arsyanti. S.Psi. Psikolog Konselor Perkembangan dan Pendidikan dari Bandung. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Ahmad Dahlan Lantai 3 Kampus Universitas Muhamadiyah Lampung, pada hari sabtu tanggal 17 November 2018 dari pukul 10.00 sd selesai.

Dalam paparanya menurut Dewi Arsyanti menerangkan, bagi kita yang sudah termasuk orang dewasa, pasti telah memiliki pengalaman berinteraksi dengan anak, bermain, berbincang, mengasuh dan membimbing atau hanya sekedar menyapa.
Namun banyaknya interaksi bersama anak belum bisa menjadi jaminan bahwa kita telah memahami anak.

Pemahaman terhadap tumbuh kembang anak, terutamanya secara psikologis akan sangat membantu kita sebagai orang dewasa untuk memahami latar belakang munculnya perilaku anak, yang lucu, menggemaskan namun terkadang sulit diatur, keras kepala, terus bergerak, melawan, dan sebagainya.

Pemahaman tentang tumbuh kembang, juga sekaligus menuntun kita untuk dapat menerima anak dan berkomunikasi secara efektif dengan mereka.

Sejumlah ide untuk mengembangkan anak, juga perlu berangkat dari pemahaman yg komprehensif tentang anak. Oleh karenanya, belajar secara teoritis mengenai tumbuh kembang anak dapat melengkapi pengalaman berinteraksi dengan anak sehingga dapat mewujudkan kearifan dalam bersikap dan bertindak terhadap tingkah polah anak.

Dalam kesempatan lain Renyep Proborini. M.Ed selaku Dekan Fakultas Psikologi menyampaikan pentingnya kegiatan ini. Beliau mewajibkan seluruh mahasiswa Fakultas Psikologi untuk mengikuti kegiatan tersebut. Beliau berharap mahasiswa dapat mengetahui pentingnya belajar psikologi serta dapat mengimplemtasikan ilmu pengetahuan yg di pelajari dikampus.

Leave a Reply