UM Lampung Tandatangani MoU Bersama Universitas Ahmad Dahlan

Bandar Lampung – Universitas Muhammadiyah (UM) Lampung, kembali melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) bersama Universitas Ahmad Dahlan (UAD), di Kampus 4 UAD, Yogyakarta, Sabtu, (16/3/2019).

Rektor UM Lampung, Dr Dalman MPd, menyampaikan pihaknya akan terus mengembangkan sayapnya untuk memperbanyak jejaring dan kerja sama baik di tingkat daerah, regional, nasional, hingga internasional.

“Hal ini merupakan tuntutan bagi sebuah perguruan tinggi yang ingin maju dan berkembang, Kita memang harus banyak menjalin kerja sama dengan berbagai pihak,” ujar Rektor yang energik ini.

Dilanjutkannya, hal tersebut merupakan keniscayaan bagi UM Lampung yang akan melakukan berbagai percepatan dan perlompatan dalam berbagai bidang, khususnya Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian pada masyarakat).

“Kalau UM Lampung, bahkan menjadi catur Dharma Perguruan Tinggi karena ditambah dengan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan,” tuturnya.

Ia juga berharap, penandatanganan MoU ini tidak berakhir pada tanda tangan di atas kertas bermaterai saja. Tetapi, MoU ini harus ditindaklanjuti dan harus segera action melalui jalinan kerja sama (MoA) dengan setiap unit kerja sesuai dengan kebutuhan kedua belah pihak.

Saat ini UM Lampung lebih memprioritaskan jalinan kerja sama dalam penerimaan mahasiswa baru, dan juga pengembangan dan pengadaan SDM khususnya untuk tenaga dosen. Terlebih untuk mengejar ketertinggalan dari Perguruan Tinggi Swasta lainnya.

Dalman berharap UAD dapat memberikan pendampingan, bimbingan, arahan, dan juga kerja sama yang solid untuk mewujudkan UM Lampung sebagai entrepreneur campus – kampusnya pengusaha agar setara dengan perguruan tinggi Muhammadiyah yang sudah maju lainnya.

Rektor UAD, Dr Kasiyarno MHum, mengapresiasi kedatangan UM Lampung sebagai pembuka untuk melaksanakan kerja sama antara unit kerja sesuai dengan kebutuhan, termasuk kerja sama dalam bidang Penmaru.

“Saya harap pertemuan ini segera ditindaklanjuti dengan jalinan kerja sama yang lebih spesifik sehingga apa yang diharapkan bisa tercapai,” tutur Kasiyarno.

Hadir dalam MoU tersebut Kepala Biro UM Lampung, Marzuki, Sekretaris Kantor Urusan Internasional dan Kerja Sama UM Lampung, Bastian Sugandi, dan Kepala BPPMB UM Lampung, Faricha Noo Laila. (Humas/Len)