FKIP PLB UML Gelar Seminar Hari Peduli Autis Dunia

Bandarlampung – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Pendidikan Luar Biasa (PLB) Universitas Muhammadiyah Lampung (UML), menggelar seminar memperingati Hari Peduli Autis Dunia, bertema “Pelayanan yang Tepat Dimulai dari Pemahaman yang Benar”, di aula KH Ahmad Dahlan, Lantai III Kampus setempat, Sabtu (27/4/2019).

Kepala Program Studi (Prodi) PLB, Arie Laili Nopprima, M.Pd., menyampaikan kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan kontribusi langsung dengan memberikan pemahaman tentang konsep dan identifikasi autis.

Senada, Dekan FKIP UML, Ir. Ansyarullah, M.M., seminar tersebut dapat menambah wawasan bagi semua pihak. Terlebih kegiatan ini menghadirkan narasumber dari dosen UML, hal ini menunjukan bahwa dosen yang ada sudah berkualitas.

“Kami berterimakasih kepada semua unsur yang sudah bekerja keras untuk terlaksananya kegiatan ini. Semoga kedepan dengan dibekali pemahaman yang benar tidak lagi ditemui kesalahan-kesalahan yang dilakukan, terhadap penderita autis di masyarakat,” urainya.

Dikesempatan yang sama, Rektor UML, Dr. Dalman, M.Pd., sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, PLB merupakan Prodi yang perkembangannya paling cepat.

“Ini merupakan momen yang sangat baik bagi orang tua yang memiliki anak autis untuk mendapat pemahaman tentang pelayanan yang baik bagi anaknya. Dengan seminar seperti ini sangat baik untuk mendapat pemahaman yang lebih tentang anak autis,” kata Dalman.

Ia juga menambahkan, UML juga akan menerima anak autis yang akan melanjutkan pendidikannya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

“Kami berharap Pemerintah Provinsi Lampung juga dapat memberikan kontribusinya bagi Prodi PLB, khususnya di UML,” kata dia.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, yang diwakili Kasi Kurikulum dan Penilaian Pendidikan Khusus, Megawati, S.Psi., M.Pd.I., mengutarakan kegiatan tersebut selain mampu mempererat silahturahmi, juga merupakan bentuk kepedulian untuk terus meningkatkan program pembelajaran serta kepedulian PLB di Lampung.

“Ini merupakan bentuk dukungan pada anak berkebutuhan khusus untuk mendapat hak dan tempat yang sama di masyarakat,” terangnya.

Ia juga berharap UML dapat memberi dukungan bagi anak autis, salah satunya dengan bantuan beasiswa bagi anak autis yang akan melanjutkan pendidikan ke jejang yang lebih tinggi.
Narasumber dalam kegiatan ini, Yulvia Sani, M.Pd., Heni Herlina, M.Pd., Ossy Firstanti W. M.Pd., Genesa Vernanda, M.Pd., yang merupakan Dosen di UML. (Humas/Ab)