Din Syamsuddin Tekankan Pentingnya Silaturrahim

Bandarlampung: Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 2010-2015, Prof Dr KH Muhammad Sirajuddin Syamsuddin MA, atau yang lebih dikenal Din Syamsuddin, menekankan pentingnya bersilaturrahim sesama muslim. Hal ini disampaikannya dalam acara Silaturrahim Syawal keluarga besar Muhammadiyah Provinsi Lampung, di Aula lantai III Universitas Muhammadiyah Lampung (UML).

“Sesuai ajaran Islam, tidak akan masuk surga orang yang memutuskan silaturrahim dengan saudaranya. Islam mengajarkan untuk mempererat tali persaudaraan setiap waktu, tidak hanya sebatas syawal,” ujarnya yang saat ini menjabat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan MUI ini.

Ia juga mengatakan beribadah menjadikan diri sedekat-dekatnya dengan Allah, menurunkan sifat Allah dalam diri berupa Asmaul Husna, menjadikan insan yang Robbani, yakni manusia yang bersifat Ilahi.

Din Syamsuddin dalam kesempatan tersebut juga berpesan agar tetap menjaga wawasan keislaman Muhammadiyah berupa ukhuwah Muhammadiyah, ukhuwah Islamiah agar jangan terpecah belah hanya karena perbedaan pandangan politik.

“Jangan sampai terpecah belah, Pemilu sudah usai tetapi perpecahan berlanjut hingga 5 tahun dan silaturrahim terputus, politik memang cenderung memecah belah karena ada kepentingan interest, tetapi Muhammadiyah harus tetap menjunjung tinggi nilai kebenaran,” kata dia.

Sementara, Ketua Persatuan Wilayah Muhammadiyah, Prof Dr Marzuki Noor MS, mengajak untuk bersama menahan amarah, disimpan sebagai bagian dari kesadaran untuk memaafkan. Dalam prosesnya akan dituntun dengan lapang dada, selalu berbuat kebajikan, dan merajut kembali melalui gerakan persyarikatan.

Rektor UML, Dr Dalman MPd, dalam kesempatan tersebut juga menyambut baik dan berterimakasih PWM telah memilih entrepreneur campus, kampusnya pengusaha sebagai tempat terselenggaranya acara silaturrahim Syawal keluarga besar Muhammadiyah.

Kegiatan ini selain dihadiri majelis PWM, PDA, PCM, Ortom, Kepala/Guru/Karyawan, Amal Usaha Muhammadiyah, juga dihadiri seluruh civitas akademik UML. (Humas-Leni)