Kuliah Umum Fakultas Psikologi – Implikasi Psikologi Perkembangan Dalam Penelitian & Praktik Kerja

Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Lampung menyelenggarakan kegiatan kuliah umum yang bertajuk Implikasi Psikologi Perkembangan Dalam Penelitian & Praktik Kerja. Kuliah umum tersebut menghadirkan seorang narasumber ahli dari Universitas Muhammadiyah Malang, Dr. Iswinarti, M.Si., Psikolog beliau merupakan seorang Psikolog, Praktisi, Pakar Perkembangan Anak dan juga dosen Psikologi UMM.

Kegiatan yang diselenggarakan pada hari Jumat, (10/10/2019) di Auditorium KH Ahmad Dahlan UML itu diikuti oleh 250 mahasiswa dari seluruh Fakultas dan Prodi UML.
Dr. Dalman, M.Pd. selaku Rektor UML menegaskan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk seluruh mahasiswa terutama mahasiswa fakultas psikologi.

“Ini merupakan kuliah umum perdana universitas di semester ganjil ini, Kuliah umum ini sangat penting untuk seluruh mahasiswa terutama mahasiswa psikologi sangat rugi jika tidak mengikuti kuliah umum ini, karena psikologi perkembangan ini merupakan ilmu yang sangat wajib untuk dipelajari terutama mahasiswa psikologi,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Dr. Iswinarti menjelaskan proses perkembangan psikologi pada seseorang dimulai dari kecil bahkan dimulai dari sebelum lahir. Pola perubahan yang dimulai sejak masa pembuahan dan yang terus berlangsung selama masa hidup manusia selain itu perkembangan mencakup seluruh perubahan, termasuk perubahan ke arah kemunduran, ini merupakan suatu ilmu yang penting dan wajib untuk difahami oleh semua orang mahasiswa psikologi mengingat perkembangan merupakan disiplin ilmu psikologi yang mendasari semua disiplin ilmu psikologi yang lain.

Dr. Iswinarti mengatakan psikologi perkembangan tentunya dapat di implikasi kan didalam kehidupan sehari-hari.

“Dengan memahami tahapan perkembangan dan karakteristiknya, diharapkan psikologi perkembangan dapat diimplikasikan dalam setiap tahap perkembangan, baik dalam menciptakan pendidikan sepanjang rentang kehidupan maupun dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Dosen Psikologi UMM.