Lampung Jadi Tuan Rumah Rakornas FPPTMA

Provinsi Lampung menjadi tuan rumah penyelenggaraan Rapat Kordinasi Nasional Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah & Aisyah. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama FPPTMA dan empat PTM Provinsi Lampung, diantaranya Universitas Muhammadiyah Lampung, Universitas Muhammadiyah Metro, Universitas Muhammadiyah Pringsewu & Universitas Muhammadiyah Kotabumi, Selasa(4/2/2020).

Kegiatan yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Grand Anugerah Bandarlampung ini mengusung tema “Peran Perpustakaan Dalam Mencerdaskan Bangsa Dan mencerahkan Semesta” dan dibuka langsung oleh Majelis Diktilitbang yang di wakili oleh H. Ahmad Mutaqin PhD.

Dalam sambutannya H. Ahmad Muttaqin PhD mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi penuh terhadap terselenggaranya acara ini beliau juga mengatakan bahwa Perpustakaan Universitas di lingkungan Muhammadiyah harus banyak belajar dari perpustakaan Universitas yang ada di luar negeri.

“Saya mengapresiasi sepenuhnya agenda Rakornas ini, perpustakaan di perguruan tinggi maju berfungsi menjadi pusat informasi dan pengetahuan.┬áKita harus melihat kondisi Perpustakaan yang kita miliki, jika kita membangdingkan Perpustakaan di luar itu sangat berbeda, Perpustakaan di luar negeri tidak hanya menyediakan sumber belajar tetapi menyediakan kenyamanan bagi para pengunjung perpustakaan dengan dilengkapi dengan komputer internet, bahkan makan siang dan juga tukang pijat. Kedepannya saya berharap hal ini dapat diwujudkan oleh FPPTMA,” ujarnya.

Awalnya kegiatan ini akan dilaksanakan di Kotabumi namun karena satu dan lain hal maka di selenggarakan di Bandarlampung namun hal ini tidak mengurangi nilai substansi kegiatan karena berkat kerjasama dan sinergitas dari empat Perguruan tinggi Muhammadiyah ini kegiatan dapat terlaksana dengan baik, hal ini disampaikan langsung oleh Rektor UML, Dr.H.Dalman, M.Pd dalam sambutannya mewakili empat PTM tersebut.

“Pelaksanaan ini awalnya akan dilaksanakan di Kotabumi namun karena beberapa hal dilaksanakan di Bandarlampung, namun Kami ke empat Universitas tetap bekerja sama dan juga bersinergi untuk acara ini. sebetulnya ini merupakan suatu hal baik untuk kita ke kedepannya. Saya sangat berharap dari ke 4 Univ Muhammadiyah se Lampung dapat bersatu dalam membangun suatu apapun contohnya kegiatan seminar internasional,
Kami sangat mengapresiasi untuk kegiatan FPPTMA ini kami sangat bangga karena kegiatan ini merupakan yang pertama kali diadakan di Lampung. Saya yakin dengan adanya kegiatan ini kedepannya kebutuhan Perpustakaan termasuk buku dan membaca bagi mahasiswa akan terpenuhi,” pungkasnya.

Dalam acara pembukaan tersebut selain anggota FPPTMA dan Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah hadir pula Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung, Ketua Forum Perpustakaan Nasional, Perwakilan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Provinsi Lampung, Rektor UML, Rektor, UM Kotabumi, Rektor UM Pringsewu, dan Wakil Rektor IV UM Metro.

Acara yang dilaksanakan dari tanggal 4-6 Februari 2020 ini diikuti oleh Total 60 Peserta dari 12 Korwil Se Indonesia dan tidak hanya Pelantikan & Rakornas FPPTMA namun Seminar Nasional Perpustakaan dengan menghadirkan Tiga narasumber diantaranya
– Ismail Fahmi, PhD ( Konsultan Perpusnas RI)
– Dr. Zulfikar Zen, S.S., MA ( Staf Pengajar Dep. Ilmu Perpustakaan dan Informasi UI)
– Dr. Sumarno, M.Pd ( Rektor UM Kotabumi).