Dosen Fakultas Psikologi UML Isi Pelatihan & Diskusi “Leadership Style & Effective Leadership”

Dosen Fakultas Psikologi UML Tansri Adzlan Syah menjadi fasilitator inti pada kegiatan pelatihan dan diskusi “Leadership Style & Effective Leadership” di kantor harian umum Lampung Post, Selasa, 18 Februari 2020.

Peserta pada kegiatan tersebut merupakan perwakilan dari setiap divisi di Lampung Post, selain materi tentang bagaimana memiliki gaya kepemimpinan yang efektif dalam kegiatan tersebut peserta juga diberikan serangkaian test psikologi guna mengetahui potensi gaya kepemimpinan tiap individu.

Dalam kesempatannya Dosen Psikologi yang sering disapa dengan sapaan Adam ini memaparkan bahwa kepemimpinan efektif paling tidak harus memiliki tiga hal salah satunya mampu mendiagnosa anak buahnya .

“ Ada tiga hal penting yang harus dimiliki sesorang pimpinan ,Pertama, mampu mendiagnosa anak buahnya. Kedua, memiliki keluesan dalam menerapkan gaya kepemimpinan. Ketiga, keterampilan dalam pengembangan kinerja misal, melakukan one on one meeting” Paparnya

Namun demikian, menurutnya efektivas gaya kepemimpinan juga dipengaruhi oleh tingkat kematangan bawahan. Untuk itu ada dua dimensi yang bisa dilihat untuk mengukur kematangan anak buah. Pertama, dimensi kemampuan. Dalam dimensi ini yang dinilai adalah pengetahuan, pengalaman dan ketrampilan tiap orang dalam mengerjakan tugas.

“Kedua adalah dimensi kemauan. Dalam hal ini adalah rasa percaya diri, komitmen dan motivasi untuk mengerjakan tugas tertentu. Dari dua dimensi tersebut diperoleh 4 level kematangan bawahan. Tidak mampu dan tidak mau, tidak mampu tapi mau, mampu tapi tidak mau, dan mampu juga mau,” Tambahnya.

Ia memaparkan untuk bawahan yang tidak mampu dan tidak mau memerlukan gaya kepemimpinan directing. Untuk bawahan tidak mampu tapi mau memerlukan gaya kepemimpinan praticipating, untuk bawahan yang mampu tapi tidak mau membutuhkan gaya kepemimpinan counseling, dan bawahan yang mau dan mampu membutuhkan gaya delegating.

Pihak Lampung Post berharap dengan adanya kegiatan semacam ini dapat senantiasa meningkatkan skill dan kepercayaan diri pimpinan dari tiap divisi sehingga dapat meningkatkan performa organisasi.