LP3M UML Gelar Seminar Proposal Hibah Internal Penelitian & PKM Secara Distance Review / Daring

Bandarlampung. Senin(16/3/2020), Lembaga Pengembangan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UML menggelar Seminar Proposal Hibah bagi seluruh dosen tetap di lingkungan UML secara Distance Review.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua LP3M UML Dr. Mardiana, M.Pd.I., pada forum pertemuan yang mulanya merupakan kegiatan Seminar Proposal Hibah yang dilaksanakan di Meeting room lantai 2 UML. Mardiana mengatakan bahwa kegiatan ini seyogyanya dilaksanakan pada hari ini, namun tepat dua hari lalu Syafrimen, M,Ed., Ph.D & Dr. Muhfahroyin, S.Pd., M.TA selaku Reviewer dari UM Metro mengonfirmasi bahwa pihaknya tidak bisa menghadiri acara Seminar tersebut dan memutuskan untuk melakukan review secara distance review karena ingin meminimalisir penyebaran virus Covid-19.

“Untuk hibah yang sudah 2 tahun ini kita laksanakan dan ada peningkatan proposal dari 19 proposal menjadi 33 proposal, hari ini seyogyanya tim reviewer hadir, namun tidak bisa datang dalam kata lain menilai dengan jarak jauh, tetapi ini tidak mengurangi substansi dalam penilaian proposal tersebut. Hanya metode saja yang berbeda namun konteks review tetap diantaranya, Urgensi penelitian bapak/ibu, Keterbaruan dan Luaran atau Capaian yang diinginkan selain jurnal”.

Teknis pelaksanaan review, akan dilaksanakan secara daring, dimana setelah Dosen mengirimkan proposal ke pihak LP3M nantinya LP3M akan bertanggungjawab untuk mendistribusikan Proposal baik dalam bentuk softfile maupun hardcopy.

“Nanti LP3M akan mengirim proposal berbentuk softfile atau bila diperlukan nantinya kami akan mengirimkan hardcopy, nanti bapak/ibu dosen dapat mengirim ke LP3M”, Tambah Mardiana.

Dalam kesempatan yang sama Rektor UML, Dr. H. Dalman, M.Pd., sekaligus bertindak sebagai salah satu reviewer mengungkapkan bahwa beliau senang dan bersyukur bahwa ada peningkatan jumlah proposal di 2 tahun terakhir ini, pihaknya berharap agar semua proposal yang masuk dapat layak dan lolos melewati semua penilaian yang ada.

“Alhamdulilah tahun ini ada peningkatan jumlah proposal, saya berharap semuanya dapat layak dan lulus melewati penilaian. Seminar ini awalnya akan mendatangkan reviewer dari luar, namun karena keadaan yang tidak memungkinkan dikhawatirkan penyebaran virus Covid-19, maka tim review akan melaksanakan review secara online di Rumah”, Ujar Dalman.

Selain itu dalam kesempatan yang sama Rektor UML juga menghimbau kepada seluruh dosen bahwa kampus UML terhitung dari tanggal 17 – 29 Maret agar dapat melaksanakan kegiatan perkuliahan secara daring dirumah untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.