Universitas Muhammadiyah Lampung dan Pemerintah Daerah Pesawaran Teken MoU

Bandarlampung, uml.ac.id– Rektor Universitas Muhammadiyah Lampung, Dr. Dalman, M.Pd bersama Ketua BPH UML Dr. H. Yuria Putra Tubarad, M.Si., Wakil Rektor III UML, M. Sholihin, M.Pd.I, Di damping Kabiro AUK UML dan Kepala LP3M Dr. Mardiana, M.Pd.I. meneken Naskah Nota Kesepahaman / Memorandum of Understanding (MoU) dengan Bupati Pemda Kabupaten Pesawaran H. Dendi Ramadhona. Agenda MoU dilaksanakan di ruang rapat Bupati Kabupaten Pesawaran. Naskah Nota Kesepahaman (MoU) ditandatangani langsung oleh Bupati Pesawaran dan Rektor UML, pada Selasa (22/10/2020).

Selain penandatanganan MoU, agenda hari ini juga diisi dengan pengarahan dari Bupati perihal isi MoU tentang kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat, KKN dan pengembangan SDM. Bupati Dendi di dampingi oleh Asisten I Bapak Heriansyah, kadisdik Fauzan dan kabag kerjama Darwin serta beberapa staf.

Dendi dalam arahanya berharap kerjasama yang dijalin akan semakin mengembangkan Universitas Muhammadiyah Lampung dan kabupaten Pesawaran, terutama dalam hal pengembangan akademik, pengabdian dan penelitian serta pengembangn kabupaten Pesawaran. Dendi meminta UML untuk bersama-sama melakukan suatu inovasi untuk kepentingan masyarakat Lampung khususnya kabupaten Pesawaran.

“Saya sangat mengapresiasi penandatanganan naskah MoU ini yang bertujuan menumbuhkembangkan kreativitas masyarakat di Pesawaran. Namun, mengingat Kabupaten Pesawaran yang memiliki begitu banyak potensi baik disektor pertanian, peternakan, maupun sumber daya alam lainnya, maka kita harus lebih meningkatkan dan merubah cakrawala, serta kebijakan, Bagaimana kita mampu melakukan suatu inovasi untuk kepentingan masyarakat Pesawaran,” ujarnya.

Dendi menjelaskan, inti dari nota kesepahaman ini untuk mensinergikan potensi dan sumber daya yang dimiliki para pihak guna pengembangan SDM aparatur pemerintah daerah Kabupaten Pesawaran. Sekaligus juga untuk melakukan penelitian dan pengembangan guna mendukung pembangunan di Kabupaten Pesawaran.

“Hal tersebut tentu akan menjadi kenyataan jika seluruh elemen UML dan Pemda Kabupaten Pesawaran saling bergotong-royong dalam mewujudkan Kabupaten Pesawaran agar dapat berkembang dengan pesat.” Kata Dendi.

Rektor UML Dr. Dalman dalam sambutanya menyatakan penandatangan naskah MoU ini bertujuan untuk melaksanakan kerjasama secara terpadu, sinergis dan berkesinambungan di Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengembanga SDM di Kabupaten Pesawaran. Ujar Dalman.

Adapun ruangan lingkup kerjasama yang disepakati oleh kedua belah pihak adalah berupa bentuk-bentuk kegiatan yang dapat dilakukan oleh para pihak sesuai dengan kapasistas masing-masing yaitu pendidikan dan pelatihan, penagbdian kepada masyarakat dan program lain yang disepakati oleh para pihak. Katanya.

UML juga memberikan kesempatan pada pemda pesawaran untuk setiap tahun mengirimkan aparatur desa yang ada di pesawaran yang belum berpendidikan S1 menjadi mahasiswa UML, pemda pesawaran memberikan kesempatan kepada staf/karyawan  Honorer / ASN yang belum S1 untuk belajar di UML. Universitas Muhammadiyah Lampung bersedia memberikan potongan biaya dimaksud. Pungkasnya. (BA/HMS)