Perdana, Anggota DPRD Provinsi Lampung Ikuti Bimtek yang di Selengarakan Universitas Muhammadiyah Lampung

Bandarlampung. LP3M Universitas Muhammadiyah Lampung dipercaya oleh BPSDM Kemendagri untuk selenggarakan Bimbingan Teknis bagi anggota DPRD Provinsi Lampung. Tema yang diusung pada kegiatan bimtek ini “Pedoman Penyusunan APBD TA.2021 berdasarkan permendagri no. 64 tahun 2020 serta perencanaan  Pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintah daerah tahun 2021 berdasarkam permendagri no 28 tahun 2020”.

Bimbingan Teknis (BIMTEK) ini terselenggara atas surat rekomendasi yang dikeluarkan oleh  Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri) Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) nomor 895.3/5133/BPSDM tertanggal 16 September 2020 kepada Universitas Muhammadiyah Lampung sebagap pemyelenggara kegiatan bimtek. Perihal surat tentang penyelenggaraan  pendalaman tugas bagi pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Lampung. Bimtek ini diselenggarakan tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat seperti menggunakan masker, faceshield dan menjaga jarak minimal 1 meter serta menggunakan handsanitizer.

Bimtek diselenggarakan sejak tanggal 30 september hingga 3 oktober 2020, di Hotel Emersia Kota Bandarlampung. Penyelenggaraan pendalaman tugas berpedoman pada permendagri no 14 tahun 2018 tentang perubahan atas peraturan mendagri no 133 tahun 2017 tentang orientasi dan pendalaman tugas anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

Rektor UML Dr. Dalman,M.Pd dalam sambutanya menyampaikan bahwa penyelenggaraan bimtek ini berpedoman pada keputusan mendagri no 440-842 tahun 2020 tanggal 31 Mei 2020 tentang perubahan atas keputusan mendagri  no 440-830 tahun 2020 dan keputusan menkes RI no HK.01.07/menkes/382/2020 tanggal 19 Juni 2020. Ujarnya.

“Saya ucapan terima kasih kepada Bapak/Ibu Anggota Dewan yang sudah berkenan hadir dalam kegiatan Bimtek,  Alhamdulillah pada kesempatan ini kita masih diberi kesempatan dan kesehatan sehingga kita dapat mengikuti kegiatan bimtek ini. Kegiatan ini merupakan sinergitas antara DPRD Provinsi Lampung, BPSDM Pusat / Kemendagri dan Universitas Muhammadiyah Lampung”. Pungkasnya.

Sementara ketua DPRD Provinsi Lampung Mingrum Gumay yang diwakili oleh wakil ketua IV Fauzan Sibron menyampaikan bahwa permohonan maaf kepada seluruh anggota DPRD Provinsi karena belum dapat hadir di kegiatan bimtek ini, dikarenakan sedang mengikuti kegiatan bersama TNI di taman makam pahlawan. Jelas Fauzan.

“Mewakili ketua DPRD Provinsi Lampung maka secara resmi kegiatan bimtek ini dinyatakan dibuka”. Pungkasnya.

BPSDM Kemendagri menugaskan Prof. Dr. Fernandes Simangunsong guru besar IPDN sebagai pemateri dalam kegiatan bimtek bagi anggota DPRD Provinsi Lampung. Materi yang disampaikan mengacu pada kurikulum yang telahd di tetapkan meliputi: pedoman penyusunan APBD TA 2021 berdasarkan permendagri no 64 tahun 2020 dan perencanaan pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan Pemda tahun 2021 berdasarkan permendagri no 23 tahun 2020 serta permendagri no 70 tahun 2019 tentang sistem informasi PEMDA kemudian permendagri no 90 tentang klarifikasi, kodefikasi dan nomenklatur perencanaan pembangunan dan keuangan daerah. (BA/HMS)