BPSDM Provinsi Lampung Tunjuk LP3M Universitas Muhammadiyah Lampung Selenggarakan BIMTEK DPRD Lambar

Bandarlampung. Universitas Muhammadiyah Lampung dipercaya oleh BPSDM Provinsi Lampung untuk menyelenggarakan kegiatan Bimtek bagi anggota DPRD Kabupaten Lampung Barat. Tempat pelaksanaan bimtek di Hotel Novotel Lampung dengan mengusung tema “Penyusunan RAPBD Tahun Anggaran 2021 Berbasis Kinerja dan Peran Kesehatan Psikologis dalam Meningkatkan Motivasi Bagi Anggota DPRD”.

Pelaksanaan Bimbingan Teknis / Bimtek bertempat di Hotel Novotel Kota Bandarlampung dan dilaksanakan sejak tanggal 06 hingga 08 Okotober 2020. Bimtek dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Lampung Barat Bapak Edi Novial, S.I.Kom,  Wakil ketua I Bapak Sutikno,  dan Wakil ketua II Bapak Herwansyah. Kemudian ada 32 orang anggota DPRD Lambar serta Plt Kepala BPSDM Provinsi Lampung Bapak Adi Sriyono, S.Sos, kepala LP3M UML Dr. Mardiana, M.Pd.I, Sekretaris LP3M UML Mediyansyah, M.Pd.

Dr. Mardiana, M.Pd.I. selaku penyelenggara bimtek dan kepala LP3M Universitas Muhammadiyah Lampung dalam sambutanya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya nya kepada Bapak/Ibu Anggota Dewan Lampung Barat yang menyempatkan diri dan waktu untuk hadir dan mengikuti kegiatan Bimtek. Kegiatan ini merupakan sinergitas antara DPRD Tulang Bawang Barat, BPSDM Provinsi Lampung dan Universitas Muhammadiyah Lampung. Pelaksanaan kegiatan bimtek ini terselenggara atas surat rekomendasi yang dikeluarkan oleh BPSDM Provinsi Lampung tertanggal 28 September 2020 nomor 890/3631/VI.05/2020. Ujarnya.

“Saya mengajak Bapak dan Ibu Anggota DPRD Lampung Barat untuk mengikuti kegiatan bimtek ini dengan seksama dan berharap agar kegiatan ini dapat terlaksana dengan lancar tanpa ada kendala, agar supaya apa yang disampaikan oleh para pemateri dapat berguna bagi para anggota dewan dan masyarakat Lambar khususnya”. Kata Mardiana pada hari Rabu (07/10/2020).

Sementara, Edi Novial, S.Kom ketua DPRD Lampung Barat dalam sambutanya menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan bimtek ini dapat dilaksanakan setelah pencabutan maklumat kapolri dan beberapa peraturan dari beberapa kementrian.  maka kegiatan kegiatan untuk mengumpulkan masa atau kegaitan yang melibatkan orang banyak dapat dilaksanakan. Edi meminta walau maklumat kapolri serta beberapa aturan kementrian sudah dicabut namun semua anggota DPRD Lampung Barat untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan selama dalam kegiatan Bimtek diantaranya memakai masker, menggunakan handsanitizer dan menjaga jarak. Jelasnya.

“Atas nama DPRD Kabupaten Lampung Barat mengucapakan terima kasih kepada LP3M Universitas Muhammadiyah Lampung dan BPSDM Provinsi Lampung yang telah menyelenggarakan bimtek ini. Sekali lagi terima kasih karena setiap kegiatan bimtek DPRD Lampung Barat selalu di support oleh LP3M UML dan BPSDM Provinsi Lampung. Saya berharap hasil dari bimtek ini dapat diaplikasikan bagi masyrakat Lampung Barat.” Pungkasnya.

Plt Kaban BPSDM Provinsi Lampung Adi Srioyono, S.Sos dalam sambutanya meminta kepada Universitas Muhammadiyah Lampung untuk memperhatikan beberapa hal utama dalam penyelenggaraan bimtek diantaranya proses pembelajaran bimtek agar dilakukan dengan metode pembelajaran yang tepat dan mengacu pada protokol kesehatan. Agar penyelenggaraan bimtek dilaksanakan dengan berpedoman pada keputusan Mendagri No. 14 tahun 2018 tentang perubahan atas permendagri no 133 tahun 2017 tentang orientasi pendalaman tugas anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota dan Pergub Lampung No. 45 tahun 2020 tentang pedoman adaptasi new normal menuju masyarakat produktif dan aman (AKB-MP2A) Covid-19. Katanya.

“Kemudian Materi yang disampaikan pada bimtek agar dapat mengacu pada kurikulum yang telah ditetapkan dan disesuaikan dengan proposal penyelenggaraan yang diajukan. Selamat menjalan bimtek semoga kegiatan ini berguna bagi seluruh anggota DPRD dan masyarakat Lampung Barat.” Imbuhnya.

Rekomendasi diberikan kepada LP3M UML untuk menyelenggarakan bimtek seiring persyaratan-persayaratan yang sudah dipenuhi, selama ini LP3M UML dan BPSDM Lampung bisa terjalin kerjasama yang baik dengan DPRD kabupaten kota se Provinsi Lampung. Atas nama Pemprov Lampung menyampaikan ucapan terima kasih setinggi-tingginya kepada DPRD Kabupaten Lampung Barat. Tugas pokok DPRD adalah legislasi adalah controling dan budgeting. Dalam upaya memberikan pelayanan sebaik baiknya kepada masyarakat, kami berharap kegiatan ini dapat diikuti dan berjalan dengan sebaik-baiknya. Pungkasnya.

Sesuai tema kegiatan bimtek, LP3M Univesitas Muhammadiyah Lampung sebagai penyelenggara kegiatan mendatangkan pemateri / narasumber dengan mempertimbangkan pengalaman pemateri sehingga subtansi / materi yang disampaikan dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan anggota dewan.  Junianto Nugroho, S.Sos dari Dirjen Keuangan Daerah Kemendagri dan pemateri kedua yaitu Ibu Setriani, M.Psi. Psikolog yang akan menyampaikan materi tentang peran kesehatan psikologis  dalam meningkatkan motivasi bagi anggota DPRD.  (BA/HMS)