Sah !!! Rektor UML Dr. Dalman, M.Pd. Resmi Dilantik Menjadi Pengurus Koalisi Kependudukan Indonesia

 

Bandarlampung. Rektor Universitas Muhammadiyah Lampung Dr. H. Dalman, M.Pd resmi dilantik sebagai pengurus Koalisi Kependudikan Indonesia (KKI) Provinsi Lampung sebagai koordinator  Komisi IV yang membidangi Remaja, Pemberdayaan Perempuan dan  Perlindungan Anak. Pelantikan ini atas dasar SK yang diterbitkan oleh KKI no.012/SK/KKI-PROV/X/2020 tertanggal  7 Oktober 2020.

Ada 4 komisi yang dilantik hari ini yaitu komisi I yang membidangi Kependudukan dan Keluarga Berencana, komisi II Bidang Pelatihan, Pendidikan dan Pengembangan Kualitas SDM, kemudian komisi III yang membidangi Kemiskinan, Gizi dan Penduduk Rentan, Kemudian yang terakhir komisi IV membidangi Remaja, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Ketika ditanya perihal kepengurusan KKI, Dalman mengatakan bahwa ia merasa bersyukur karena KKI pusat dan BKKBN perwakilan Lampung masih mempercayainya dan memberi amanah untuk menjadi pengurus KKI provinsi Lampung masa  bakti 2020 – 2024. Pada periode kepengurusan KKI provinsi Lampung sebelumnya (2016 – 2020) ia juga mengurusi komisi yang sama yakni komisi IV pada KKKI provinsi Lampung. Ujarnya Rabu (07/10/2020) di Swiss Bell Hotel.

Menurut Dalman, ia akan meneruskan dan menindaklanjuti program kerja  komisi IV yang sudah ada khususnya program unggulan yang akan mempersiapkan remaja Lampung menjadi remaja yang berencana atau generasi berencana,  Mengembangkan Forum Mahasiswa Peduli Kependudukan (FMPK). Jelasnya.

“Dalam hal ini, komisinya akan bekerja sama dengan BKKBN provinsi untuk mengaktipkan Pusat Informasi dan Koseling (PIK) bagi remaja (di sekolah-sekolah dan masyarakat) serta PIK Mahasiswa di seluruh perguruan tinggi yg ada di Lampung.” Imbuhnya.

Dalman menambahkan bahwa di setiap perguruan tinggi, selain harus ada PIK Mahasiswa juga harus ada FMPK. Universitas Muhammadiyah Lampung kebetulan baik PIK Mahasiswa maupun FMPK-nya sudah Centre of Exellence. Untuk program Pemberdayaan Perempuan Komisinya akan bekerja sama dengan BKKBN perwakilan Lampung untuk membina dan mendampingi perempuan di Lampung agar mampu sederajat dengan kaum laki-laki baik itu pendidikannya maupun pekerjaannya. Dalman berharap Perempuan Lampung tidak ada yg menjadi pengangguran dan ketergantungan dgn suami atau pun orang tua. Tandasnya.

Perempuan di provinsi Lampung harus mampu menghasilkan dan dapat menciptakan lapangan kerja. Program lainnya yang akan dijalankan oleh komisi IV – KKI provinsi Lampung ini adalah program Perlindungan terhadap Anak. Untuk mewujudkan program ini menurut Dalman, komisi IV akan bekerja sama dengan BKKBN Provinsi dan juga Lembaga Bantuan Hukum (LBH) sehingga tidak ada lagi tindak kekerasan terhadap Anak ataupun kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

“Anak-anak itu harus dilindungi, bukan ditakuti dan disakiti. Anak-anak adalah generasi penerus yg harus dijaga dan dibesarkan dengan baik sehingga mereka tumbuh dengan tangguh dan berakhlak mulia” , ungkap Dalman mengakhiri wawancaranya.