Universitas Muhammadiyah Lampung Teken MoU dengan AAUI Lampung

Bandarlampung. Program literasi asuransi – Insurance goes to campus dalam rangka kegiatan peringatan hari asuransi 2020. Dengan mengangkat tema “Peluang dan tantangan karir di industry asuransi untuk generasi milineal.” Serta penandatanganan naskah nota kesepahaman / Memorandum of Understanding antara Universitas Muhammadiyah Lampung dan Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI). Bertempat di ruang pertemuan lantai II Universitas Muhammadiyah Lampung.  Kamis (22/10/2020).

Dr. Dalman, M.Pd. dalam sambutanya menyatakan menyambut baik niat baik dari  AAUI Lampung yang akan bermitra dengan dengan UML. MoU berisi tentang kerjasama tridarma perguruan tinggi serta peningkatan dan pengembangan sumber daya insani. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menggambarkan tujuan bersama industri perasuransian dalam meningkatkan pemahaman asuransi, khususnya dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan untuk mendorong ketersedian akses dan layanan keuangan yang maju dan modern yang dapat menyentuh seluruh lapisan masyarakat di Indonesia. Ujarnya.

“”Apa pentingnya asuransi? Saya menjelaskan sama seperti naik mobil itu perlu ban cadangan. Kalau tidak ada apa-apa tentu tidak pikirkan, tetapi kalau ada apa-apa baru itu dipikirkan,” kata Dalman.

Kegiatan ini juga diikuti dengan pelaksanaan penandatanganan naskah nota kesepahaman antara UML dan AAUI Lampung yang langsung ditandatangani oleh Rektor UML Dr. Dalman, M.Pd didampingi Wakil Rektor III Bapak M. Solihin, M.Pd.I. dan Kabiro AUK H. Marzuki, SE., M.M Sementara dari AAUI Langsung di teken oleh ketua AAUI Lampung Bapak Firman Hidayat.

Dalman berharap setelah penandatanganan naskah MoU ini, melalui AAUI para mahasiswa UML dapat diizinkan untuk magang di perusahaan-perusahaan asuransi dibawah Asosiasi sesuai dengan isi dari naskah MoU yang telah ditandatangani. Imbuhnya.

ketua AAUI Lampung Firman Hidayat dalam sambutanya menjelaskan bahwa Industri perasuransian juga terus berupaya meningkatkan penetrasi asuransi melalui literasi inklusif kepada semua segmen diantaranya perguruan tinggi. Dengan adanya dorongan dari sisi internal dan eksternal industri perasuransian yang dilakukan saat ini, diharapkan ke depannya penyedia layanan asuransi dapat menciptakan dan memperkenalkan asuransi dengan fitur produk yang mudah dipahami dan dibutuhkan. Jelasnya.

“Literasi asuransi merupakan salah satu program Asosiasi Asuransi Umum Indonesia Lampung. Tahun ini AAUI masih memfokuskan kedunia segmen dunia pendidikan dan akan dikembangan kebagian lain kedepan.” Ujarnya.

Dia pun mendorong agar 43 anggota AAUI Lampung yang merupakan perusahaaan-perusahaan asuransi untuk dapat mendorong publikasi kegiatannya melalui media. Hal tersebut agar masyarakat dan  di setiap daerah dapat mengetahui aktivitas asuransi di sekitarnya, terkhusus untuk wilayah pendidikan atau perguruan tinggi. Tandasnya.

Dalam materi yang disampaikan oleh Bapak Iwan Setiawan menyatakan beberapa manfaat asuransi diantaranya: memberikann ketenangan atau rasa aman, membantu mengelola keuangan serta transfer resiko dan dapat digunakan untuk syarat dari bank / perusahaan pembiayaan untuk memberikan kredit dan asuransi juga dapat menjaga kelangsungan kegiatan usaha pemegang polis dan sebagai sistem bagi masyarakat untuk melakukan upaya pencegahan kerugian yang mungkin jadi resiko yang harus dihadapi kedepanya.