Tim PKM UML Gandeng UKM PIK WARDA Kembangkan Desa di Pesawaran

UML.CO.ID – Dosen bersama Mahasiswa tergabung dalam Tim  Pengabdian Masyarakat  Universitas Muhammadiyah Lampung  (Tim PKM UML)  mengandeng  UKM PIK WARDA melaksanakan pengabdian masyarakat di Desa Taman Sari, Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran. 

Kegiatan yang dimulai 8 April 2021-sekarang  ini bertujuan untuk mendampingi desa dalam membangun desa pariwisata. 

Pendampingan dari sisi pengembangan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia di desa tersebut. 

Program ini, di lakukan untuk memberikan solusi yang berkaitan dengan permasalahan yang masih umum pada masyarakat desa yaitu antara lain kurangnya pemanfaatan sumber daya alam serta kurangnya kesadaran masyarakat atas berbagai macam potensi yang di miliki. 

Disisi lain pemuda pemudi desa sebagai penerus bangsa perlu disiapkan untuk membangun desa di masa yang akan datang. Hal ini disampaikan Ketua Tim PKM sekaligus Dosen Fakultas Psikologi UML  Tansri Adzlan Syah, M.Psi., Psikolog.

Dijelaskan Tansri, Pemilihan desa taman sari sebagai lokasi pendampingan desa wisata karena melihat potensi strategis yang dimilikinya.

Selain secara geografis dekat dengan Bandarlampung, kata dia, salah satu desa di Pesawaran ini memiliki potensi sumber daya alam yang mumpuni seperti pemandangan hamparan sawah yang estetik sampai pengelolaan coconut oil oleh warga lokal.

Adapun rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat ini,lanjut Tansri, diantaranya, Dirinya menyerahkan stimulus desa wisata melalui pemberian bibit bunga dan pupuk.

Kemudian, Kegiatan Workshop Desa Wisata dengan narasumber Fajar Sasora, M.Si, 

Serta diisi Sosialisasi Beasiswa Jalur Desa dari BPPMB UML. Lalu, Achievment Motivation Training bagi Pemuda – Pemudi desa oleh UKM PIK Warda & Duta Genre UML UKM PIK  Warda. 

Salahsatu, Duta GenRe UML Retno memaparkan berdasarkan data dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional  (BKKBN) saat ini banyak terjadi  resiko akibat menikah usia dini adalah antara lain dari sisi kesehatan reproduksi. “Jika ibu melahirkan masih dibawah usia 20 tahun risiko kematian ibu bisa 5 sampai 7 kali lebih besar dan segi pengasuhan anak mereka yang belum siap secara pekerjaan dan penghasilan karena baru lulus sekolah, dikhawatirkan akan mengalami kesulitan ekonomi, “ucapnya.

Program PKM UML ini disambut baik oleh Kepala Desa Taman Sari, Febian Jaya.  “Kami berterima kasih kepada tim dari UML yang telah berkomitmen membantu untuk mengembangkan potensi yang kami miliki, mudah-mudahan dikemudian hari desa taman sari mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi maupun SDM-nya,” tutup Febian Jaya.