Mahasiswa Psikologi UML Torehkan Prestasi Membanggakan di Kancah Nasional

UML.AC.ID – Julian Algaza, Mahasiswa  Prodi Psikologi Universitas Muhammadiyah Lampung (UML) meraih prestasi Nasional yakni Juara I Lomba psychophoto tingkat Nasional. Pengumuman pemenang berlangsung secara daring (virtual).

Ditemui diruang Rektor UML pada Kamis (10/6), Julian Algaza bahwa Psikologi UML mengirimkan tiga orang  untuk mengikuti tiga kategori lomba psychophoto, Story Telling dan Video Promosi Kesehatan Mental. Lomba Psychophoto ini dibimbing oleh Dosen Fakultas Psikologi, Sovi Septania, M.Psi., Psikolog sehingga konsep kesehatan mental dan foto ditampilkan mampu memberikan pesan yang tepat.

Perlombaan tersebut diselenggarakan oleh Asosiasi Program Studi Psikologi Perguruan Tinggi Muhammadiyah/Aisyiyah Indonesia (APSI- PTMA) tahun 2021 diikuti sekitar 18 perwakilan Kampus se-Indonesia.

Gaza lebih rinci menyampaikan bahwa psychophoto dilombakan tesebut dirinya mengambil judul “Menggapai Asa Masa Depan” dengan narasi foto yakni menceritakan tentang Anak sebagai generasi penerus bangsa, sudah selayaknya mendapatkan kesempatan untuk bermain sehingga perkembangan yang elok akan tergapai. Berikan hak mereka. Demi kesehatan mental dan masa depannya.

“Alhamdulillah dengan dirinya mengirimkan foto dengan narasi tersebut mengantarkan  UML meraih juara I  kategori psychophoto,” ucap Pria biasa disapa Gaza.

Disampaikan Gaza, UML mengikuti kedua kalinya lomba tersebut namun waktu pertama kali dilakukan secara Offline waktu UML menjadi tuan rumahnya pada tahun  2018 yang lalu. “Pada dasarnya agenda perlombaan berlangsung setahun sekali secara offline namun sejak Pandemi Covid-19 berlangsung secara online. Ada sensasi berbeda yang berlangsung secara online,” ucapnya.

Meskipun demikian, Gaza berharap Penyaluran bakat Fotografer  dapat diimplementasikan dalam bentuk UKM Universitas untuk memotivasi mahasiswa untuk terus menyalurkan bakat dan minat. “Dan untuk teman-teman mahasiswa untuk terus aktif melihat informasi secara online karena di masa Pandemi Covid-19 mahasiswa harus aktif melihat peluang,” pintanya.

Rektor UML Dr H Dalman, M.Pd berharap dengan prestasi nasional diraih Julian Algaza ini bisa membawa kebaikan juga khususnya menyumbang  kontribusi prestasi nasional diraih oleh Mahasiswa UML. “Semoga UML semakin berjaya dan Kemajuan karena kalau mahasiswa aktif, kreatif dan inovatif. Insyallah kampus akan semakin maju dan berjaya,”ucapnya.

Meskipun dimasa Pandemi Covid-19, lanjut Dr. Dalman, mahasiswa harus tetap semangat dan mampu melihat peluang berprestasi  berbagai karya dan aktifitas. “Contohnya yang dilakukan mas Julian Algaza sudah berhasil menyikapi pandemi covid-19 dan persiapan industri revolusi 4.0 yakni melalui daring bisa berprestasi nasional, “ucapnya.

Ia juga menitip pesan kepada para mahasiswa berprestasi termasuk Julian Algaza  jangan merasa puas diri dan terus mengejar prestasi berbagai bidang baik itu bidang olahraga, akademik maupun lainnya. “Terlebih UML akan memberikan beasiswa Pendidikan bagi mahasiswa berprestasi salah satunya pemotongan biaya SPP,”ucapnya.

Dalman juga berharap apa yang diraih oleh Julian Algaza dapat menginspirasi mahasiswa lainnya. Selain itu, Ia berharap kedepan UML sebelumnya Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Photografi baru ada tingkat Fakultas Ilmu Komunikasi bisa menjadi UKM tingkat Universitas.”Sebagai bukti seperti bakat  Photography dimiliki oleh Mahasiswa Psikologi Julian Algaza mampu meraih Prestasi Nasional kategori psychophoto,”ucapnya. Tidak tutup kemungkinan bakat dan minat Photografer ini, lanjut Dalman, juga dimiliki oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia, Inggris, Teknik Elektronik bisa jadi banyak juga memiliki bakat fotografi. “Jadi kalau menjadi UKM Photografi Universitas lingkup jadi luas  disana nanti bisa dibina dan dilatih dengan fotografer dari luar apalagi kita punya Jurusan Ilmu Komunikasi jadi sejalan dengan ilmu tersebut,” tutupnya. ( Bastian – Humas )