UML Bersama Perpusnas RI Teken MoU dan MoA

UML.AC.ID Provinsi Lampung khususnya bagi pegiat literasi patut berbangga, Selasa 15 Juni 2021, Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI menggelar kegiatan tahun 2021 ini di Provinsi Lampung dengan melakukan penandatanganan naskah nota kesepahaman dan perjanjian kerjasama dengan pemerintah Provinsi Lampung, Pemerintah kabupaten dan kota, dan sejumlah perguruan tinggi di Lampung.

Selain itu, kunjungan kerja dalam rangka peningkatan indeks literasi masyarakat tersebut dilanjutkan dengan gelaran webinar nasional dengan peserta lebih dari 5000 orang se Indonesia, dengan mengangkat tema “penguatan sisi hulu dan hilir budaya baca guna peningkatan indeks literasi masyarakat Indonesia” dan disiarkan secara live di kanal YouTube dan zoom.

Sekretaris Daerah (Sekda) Lampung Fahrizal Darminto, saat membuka kegiatan webinar mengatakan kiprah perpustakaan nasional dalam roda pembangunan saat ini sudah mulai terlihat, ini juga didukung pemerintah dengan menyiapkan anggaran yang tidak sedikit untuk penguatan keberadaannya.

“Bangsa yang maju tidak hanya dibangun melalui sumber daya alam yang berlimpah, menciptakan dan melakukan penguatan literasi bagi masyarakat jauh lebih penting, sehingga masyatakat suatu bangsa bisa memiliki karakter yang kuat dalam membangun bangsanya,” ujar Fahrizal.

Dipilihnya Provinsi Lampung sebagai penyelenggara kegiatan ditahun ini merupakan prestasi Lampung, dimana provinsi, kabupaten/kota, serta perguruan tinggi negeri dan swasta di Lampung yang hari ini dilakukan MoU dan PKS-nya oleh Perpusnas. Ia berharap momen tersebut bisa menjadi daya bangkit literasi di Bumi “Sang Bumi Ruwa Jurai”.

Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando menegaskan kalau penandatanganan nota kesepahaman merupakan wujud komitmen bersama dari berbagai pihak dalam mendukung visi dan misi Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentang peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam RPJMN tahun 2020-2024.

Dia juga menekankan “Siapapun kita, baik eksekutif, legislatif yudikatif hingga masyarakat sesuai yang tertuang didalam mukaddimah UUD 1945 bahwa memiliki tugas mencerdaskan anak bangsa, mengantarkan mereka ke masa depan lebih layak untuk menuju masyarakat yang adil dan makmur,” ujarnya.

“Dahsyatnya sebuah buku, siapa membaca buku, dia sebenarnya telah membangun puing-puing peradaban serta siapa yang menulis buku, dia telah mendaftarkan keabadian namanya dalam suatu zaman yang tiada akhir,” tutupnya.

Sementara, Rektor UML Dr Dalman, M.Pd ditemui dilokasi kegiatan seusai acara penandatanganan menyampaikan rasa terimakasih kepada pihak perpustakaan Nasional yang telah mempercayai UML untuk bekerjasama. Ia menyampaikan bahwa tekadnya membuat kampus yang dipimpinnya sudah bulat. Ia bersyukur bisa mendapatkan dukungan dari banyak pihak, terutama untuk meneruskan peningkatan literasi masyarakat.

“Kita tentunya berharap momentum ini bisa dijadikan penyemangat bagi penggerak literasi di Provinsi Lampung untuk bisa terus memberikan dan mengajak masyarakat untuk mau dan giat membaca,” ungkapnya.

Ia menambahkan, atas kerjasama dengan Perpusnas RI dengan UML, ke depan indeks literasi masyarakat semakin meningkat. Ia juga berharap Provinsi Lampung yang disebut “Sang Bumi Ruwa Jurai” bisa mendorong percepatan tingkat literasi masyarakat. Tandasnya. ( Bastian – Humas )