LLDikti Wilayah II Adakan Evaluasi Laporan Pangkalan Data di UML

UML.AC.ID LLDIKTI Wilayah II selenggarakan Evaluasi laporan pangkalan data pendidikan tinggi dan kerjsama pada PTS di wilayah kerjanya untuk meningkatkan pelaporan data kerja sama melalui pelaksanaan kegiatan evaluasi laporan pangkalan data untuk Peningkatan Kualitas Data, Sabtu (26/06/2021).

Kepala LLDIKTI Wilayah II, Prof. Yuliansyah dalam sambutanya mengatakan bahwa pada kegiatan tersebut menyampaikan bahwa persentase PTS yang melaporkan data dan kerja sama ke akun PDikti dan akun Laporan Kerjasama masih rendah. Hasil olah data menunjukkan bahwa belum banyak PTS di lingkungan LLDIKTI wilayah II yang melaporkan update data dan kegiatan kerjasamanya. Rendahnya persentase ini juga berdampak terhadap jumlah kerja sama yang dilaporkan.

Yuliasyah mengimbau PTS khususnya UML untuk terus meningkatkan pelaporan dan data kinerja kerja sama terkhusus dengan perguruan tinggi luar negeri sesuai dengan yang diamanatkan dalam kebijakan Kampus Merdeka.

“UML perlu menjalin kerja sama dengan institusi pendidikan dan nonpendidikan baik didalam terlebih di luar negeri untuk memberi peluang kepada mahasiswa meningkatkan kompetensi melalui kegiatan belajar di kelas, praktik kerja (magang), pertukaran pelajar, proyek di desa, wirausaha, riset, studi independen, dan kegiatan mengajar di daerah terpencil”, ujarnya.

Sementara, rektor UML Dr Dalman, M.Pd dalam menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian LLDIKTI wilayah II ke UML dalam hal evaluasi laporan data PDikti dan Kerjsama UML. UML langsung bergerak untuk menindaklanjuti serta pemuktahiran data yang dimaksud.

“Target UML terkait pelaporan data hanya satu minggu, jika memungkinkan hari rabu (30/06/2021) sudah terupdate semua data yang diminta” tegas Dalman.  

Pentingnya peningkatan kinerja kerja sama serta partisipasi pelaporan pangakalan data PDikti dan data kerja sama ke akun PDikti dan akun Laporan Kerjasama juga disampaikan oleh Sub Koordinator SI dan kerjasama Perguruan Tinggi, LLDikti Wilayah II, Irsan Aras, S.T, M.Kom.

Irsan menjelaskan bahwa pangakalan data dikti dan kerja sama di akun Laporan Kerjasama merupakan salah satu indikator yang digunakan dalam menilai kinerja suatu perguruan tinggi atau yang lebih dikenal dengan istilah Klasterisasi Perguruan Tinggi.

Irsan menutup kegiatan evaluasi laporan pangakalan data dikti dan kerjasama yang dihadiri oleh unsur pimpinan universitas dan fakultas serta prodi dan IT dengan memaparkan tentang teknis pelaporan pangkalan data dan Laporan Kerjasama serta sekaligus menjawab pertanyaan peserta terkait kendala yang dihadapi dalam pelaporan. ( Bastian – Humas )