Universitas Muhamamdiyah Lampung – Pemkab Lamsel Jalin MoU dan PKS

UML.AC.ID Universitas Muhammadiyah Lampung dan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan jajaki kerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan laksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pada Selasa, (06/07) di Aula Sebuku Rumah Dinas Bupati Lampung Selatan. Penandatanganan MoU UML dan Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan ini terkait dengan kerjasama di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang merupakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Penandatanganan naskah MoU tersebut dihadiri langsung oleh Rektor UML Dr. H. Dalman, M.Pd.,  Kepala LP3M UML Dr. Mardiana, Kepala BPPMB Faricha Noor Laila serta Kabag Humas dan Kerjasama Bastian Sugandi, M.Pd., kemudian Bupati Kabupaten Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, Para Kadis dan Camat, Kapolres Lampung Selatan AKBP Edwin dan Dandim 0421 LS Letkol Inf.Enrico Setyo Nugroho,.S.sos.M.Tr (Han).

Saat ditemui seusai acara Rektor UML Dr. Dalman, M.Pd. mengatakan UML membuka pintu selebar-lebarnya bagi instansi maupun institusi yang ingin melakukan kerjasama. Hal itu, demi memberi kesempatan bagi mahasiswa mengenyam pendidikan diperguruan tinggi.

Ia pun berharap, kerjasama ini dapat menghasilkan kinerja manfaat bagi kedua belah pihak dan masyarakat. “Mudah-mudahan kerjasama antara kabupaten Lampung Selatan dengan Universitas Muhammadiyah Lampung memberikan manfaat bukan hanya kepada kedua belah pihak tapi utamanya untuk masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Universitas Muhammadiyah Lampung yang telah memberikan kesempatan kepada pemerintah daerah untuk menjalin kerjasama dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Nanang berharap kerjasama antara UML dan Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan dapat dijalankan secara nyata. “Kami berharap kedepan dapat ditindaklanjuti secara nyata di Kabupaten Lampung Selatan,” harapnya.

Perjanjian Kerja Sama (PKS)

Bersamaan dengan penandatangan MoU antara UML dan Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan, juga diadakan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Lembaga Peneltian dan Pengabdian kepada Masyarakat dengan Balitbangda dan Badan Pengelola Penerimaan Mahasiswa Baru dengan Badan Kepegawaian Daerah. Kerjasama ini ditempuh dalam rangka peningkatan sumber daya manusia di Kabupaten Lampung Selatan.

Kepala LP3M UML Dr. Mardiana, M.Pd.I menjelaskan kerjasama antara LP3M dan Balitbangda Kabupaten Lampung Selatan adalah untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia yang ada di lampung selatan khususnya untuk penelitian dan pengembangan serta inovasi daerah.

Adapun ruang lingkup dari perjanjian kerjasama tersebut adalah kajian system inovasi daerah tentang perencanaan desain identifikasi masalah dalam bidang agorekowisata, UMKM, Kebun wisata serta program pemberdayaan masyarakat dalam bentuk pelatihan, penyuluhan, dan sosialisasi kepada masyarakat lampung selatan dilanjutkan dengan pendampingan desa binaan.

“Jadi itu kurang lebih nya yang akan dilaksanakan diantara LP3M dengan Balitbangda kemudian juga tidak lepas dengan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang nanti akan dilakukan baik itu oleh mahasiswa maupun dosen yang terkait dengan penagabdian kepada masyarakat,” jelas mardiana.

Dari perjanjian kerjasama ini, lanjutnya,  diharapkan dapat membantu pemda lamsel untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Sehingga tenaga litbang yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat di lampung selatan menjadi lebih kompeten.

“Semoga kerjasama ini bisa diperluas terkait dengan penelitian dan pengabdian yang tentunya bermanfaat bagi masyarakat di lampung selatan. Kami juga berharap bahwa dari MoU yang meliputi perjanjian kerjasama ini bisa dilakukan juga oleh program studi atau fakultas lain yang ada di UML,” katanya.

Hal senada disampaikan oleh kepala BPPMB Faricha Noor Laila yang melaksanakan perjanjian kerjasama dengan Badan Kepegawaian Daerah Lampung selatan tentang pengembangan SDM melalui kegiatan tridarma perguruan tinggi.

“UML akan melaksanakan sosialisasi bagi ASN, Honorer dan THLS dan juga para unsur perangkat desa di seluruh wilayah lampung selatan, sosialisasi akan dilaksanakan oleh UML langsung ke daerah-daerah” Ujarnya.

Dalam hal perjanjian kerjasama ini UML akan memberikan beasiswa dan atau subsidi biaya kuliah bagi perangkat desa, ASN dan Honorer serta THLS. ( Bastian – Humas )