Workshop Penyusunan dan Implementasi LKPS dan LED dalam Akreditasi Prodi di FKIP dan FAI UML

UML.AC.ID Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Lampung menggelar acara Workshop Penyusunan dan Implementasi Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) dan Laporan Evaluasi Diri (LED) dalam Akreditasi Program Studi bagi Dosen di kedua Fakultas.

Workshop yang berlangsung selama dua hari tersebut (30 – 31 Juli 2021) bertempat di Meeting Room Lantai II Universitas Muhammadiyah Lampung dengan kegiatan Strategi Penyusunan LED dan LKPS untuk Peningkatan Akreditasi Program Studi dengan 9 Standar Kriteria BAN-PT.

Acara workshop ini dihadiri oleh Rektor UML, Dr. Dalman dan Kabiro AUK Marzuki, SE.,M.M. Perwakilan Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), Pimpinan Program Studi, Perwakilan Dosen Homebase di lingkungan FKIP dan FAI.

Rektor UML Dr. Dalman dalam sambutanya mengatakan bahwa workshop akan berlangsung selama dua hari yang akan di isi dengan materi tentang seluruh kegiatan tersebut dalam sebuah LKPS dan menarasikannya dalam bentuk LED menyangkut kepentingan dalam akreditasi.

Dr. Dalman, M.Pd menyampaikan bahwa di FKIP total ada 2 (Lima) Prodi dan di FAI ada 1 (satu) program studi yang akan melaksanakan akreditasi. Oleh sebab itu, FKIP dan FAI memperoleh pekerjaan rumah (PR) yang sangat berat apalagi dihadapkan dengan 9 standar akreditasi BAN-PT.

“Dengan workshop ini LKPS, LED dapat dibuat secara terstruktur, terencana, dikerjakan bersama-sama dengan semangat yang tinggi maka akan lebih mudah mencapai akreditasi yang baik”, tutupnya.

Materi wokshop yaitu Implementasi dan Inovasi Penyusunan LED dan LKPS di lingkungan FKIP dan FAI oleh Zeni Agus Nurhuda, S.Sy., M.Cs, dilanjutkan praktek penyusunan LKPS dan LED yang terbagi kedalam beberapa kelompok kerja (Pokja) di setiap jurusan yang ada di lingkungan FKIP dan FAI terkhusus pada prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Sastra Inggris dan Perbankan Syari’ah”, ujarnya.

Selanjutnya, Zeni Agus Nurhuda, S.Sy., M.Cs, sebagai pemateri yang juga sekaligus sebagai Anggota BPH UML menegaskan bahwa workshop ini sengaja didesain untuk langsung mengisi akreditasi standar 9 dalam program excel. Imbuhnya.

Syarat perlu terakreditasi suatu program studi ada tiga yaitu kecukupan dosen, kurikulum dan penjamin mutu. Dan yang tidak kalah pentingnya yaitu PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evalausi, Pengendalian dan Peningkatan) itu juga merupakan hal yang penting dan siklusnya wajib wajib dilakukan oleh program studi. Tandasnya. (Bastian – Humas)