Workshop Pembahasan Laporan Evaluasi Diri (LED) Perguruan Tinggi Universitas Muhammadiyah Lampung

UML.AC.ID Setelah sukses menyelenggarakan Workshop Penyusunan LKPS dan LED bagi Program Studi  pada 30 hingga 31 Juli 2021 lalu.  Universitas Muhammadiyah Lampung menyelenggarakan Workshop penyusunan Laporan Evaluasi Diri untuk AIPT. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 20 dan 21 Agustus 2021, dimulai pukul 08.00 s.d 16.00 WIB secara luring. Kegiatan workshop penyusunan Laporan Evaluasi Diri dibuka secara resmi pada pukul 08.00 WIB oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Lampung, Dr. Dalman, M.Pd.

Dalam Sambutannya Rektor Universitas Muhamamdiyah Lampung menyatakan bahwa rangkaian workshop mengenai AIPT ini merupakan salah satu upaya pelaksanaan Kebijakan Akreditasi Universitas Muhammadiyah Lampung. Beliau juga mengingatkan pentingnya Laporan Evaluasi Diri dalam penilaian Akreditasi suatu Institusi. Katanya.

“Materi yang disampaikan oleh narasumber meliputi peraturan BAN PT terkait LED, Penyusunan LED, Bobot penilaian, dan teknis analisisnya.” Ujar Dalman.

Diharapkan dengan kegiatan ini, seluruh sivitas akademika yang ada di Universitas Muhamamdiyah Lampung dapat mempersiapkan materi serta bahan yang diperlukan agar dapat memperoleh akreditasi Baik Sekali sehingga tercapai dengan visi misi Universitas Muhammadiyah Lampung. Tandasnya.

Sementara, Ketua BPH UML Dr. Yuria Putra Tubarad, M.Si mengatakan bahwa Perguruan Tinggi dan pemerintah harus memberi perhatian utama pada dosen dan tenaga kependidikan. Ditambah lagi Perguruan Tinggi memiliki aspek kelembagaan, aspek kerjasama, aspek keuangan dan aspek pencitraan, yang harus dikelola sebaik-baiknya, Tuturnya. 

“Tantangan bagi Perguruan Tinggi di Indonesia antara lain Perkembangan teknologi dengan artificial intelligence mengubah data menjadi informasi. Kuncinya adalah kelincahan dan kecepatan dalam merespon tantangan yang ada. Maka dari itu bagaimana memposisikan diri sebagai penyedia jasa dan terus-menerus melakukan perbaikan diri untuk selalu siap berubah,” tambahnya.

Kegiatan tersebut menghadirkan  narasumber yang sudah tidak asing lagi di mata sivitas akademika UML yaitu Zeni Agus Nurhuda, M.Cs yang juga merupakan anggota Badan Pembina Harian (BPH) UML. Workshop Penyusunan Laporan Evaluasi Diri dihadiri 37 orang. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman menyeluruh mengenai struktur LED, dan strategi dan teknis penyusunan LED itu sendiri. Pada workshop yang dihadiri para Wakil Rektor, Dekan kemudian Kepala Biro juga Ketua Program Studi serta Tim Penjaminan Mutu dan Tim LP3M lalu para Perwakilan dosen dari semua program studi. Kegiatan ini berlangsung aktif dan hangat terutama pada sesi Tanya jawab. 

Dihari kedua pada penutupan acara dimana kegiatan ditutup oleh Rektor UML Dr. Dalman, M.Pd. dengan kata penutup mengenai pentingnya bersinergi antara Program Studi dan Fakultas serta seluruh sivitas akademika UML dalam penyusunan Laporan Evaluasi Diri sebagai salah satu instrument AIPT yang akan diunggah di SAPTO BAN PT. (Bastian – Humas)