PIK R COE WARDA UML Raih Juara III Terbaik GenRe Awards 2021

UML.AC.ID Prestasi kembali diukir Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Lampung di ajang yang digelar selengagrakan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Perwakilan Provinsi Lampung yaitu Generasi Berencana (Genre) Award 2021, apresiasi Duta Genre 2021, Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R) dan Bina Keluarga Remaja (BKR) Unggulan. Kegiatan ini diikuti oleh Pengurus dan anggota PIK-R dari Tingkat Perguruan Tinggi se provinsi Lampung. Dalam kegiatan perlombaan ini Universitas Muhammadiyah Lampung yang di wakili oleh PIK R COE WARDA berhasil meraih juara terbaik 3. Yang mana kegiatan dilaksanakan  secara virtual dari Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung 19 dan 21 Agustus 2021.

Rektor Universitas Muhammadiyah Lampung Dr. Dalman, M,Pd. mengungkapkan rasa bangga dan syukur serta apresiasi setinggi-tinggi atas prestasi yang dicapai ini “Alhamdulillah, prestasi kembali diraih oleh mahasiswa UML di tingkat provinsi, selamat atas prestasi yang diraih mudah-mudahan dapat berprestasi lebih baik lagi diajang selanjutnya dan ajang-ajang lainnya”. Ungkapnya.

Dalman mengatakan bahwa dalam rangka merespon permasalahan remaja saat ini, BKKBN mengembangkan Program Generasi Berencana (GenRe). Program GenRe adalah program yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang Pendewasaan Usia Perkawinan sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi. Katanya.

Program Genre adalah program yang mengedepankan pengembangan karakter bangsa di kalangan generasi muda. Program GenRe merupakan wadah untuk mengembangkan karakter banagsa karena mengajarkan remaja untuk menjauhi pernikahan dini, seks pra nikah nap NAPZA guna menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan serta berguna bagi bangsa dan Negara. Pungkasnya.

Sementara, Rahma Agustin humas PIK R COE WARDA UML menjelaskan ada delapan kriteria penilaian yang dinilai oleh juri dalam ajang tersebut: 1. Kelengkapan berkas 2. Bidang pendidik sebaya 3. Konselor sebaya 4. Humas 5. Dana usaha 6. P2M 7. Bidang SDM dan 8. Bidang pengembangan kepengabdian kepada masyarakat. Jelas mahasiswa semester lima Prodi Psikologi ini. Jelasnya.

Rahma yang mewakili PIK R COE WARDA UML berharap dan bertekad untuk menjadi yang terbaik tidak hanya di ranah wilayah provinsi lampung tetapi juga di kancah nasional di tahun depan (2022) dan mengharumkan Universitas Muhammadiyah Lampung (UML) ke tingkat nasional. Harapnya.

“Semoga  kelompok kegiatan Pusat Informasi dan Konseling Remaja Center of Excellent Wahana Advokasi Remaja dan Anak (PIK R COE WARDA) dapat memberikan berkontribusi besar sebagai roda penggerak dalam meningkatkan peran remaja serta peran keluarga terhadap kualitas remaja.,”  Tandasnya. ( Bastian – Humas )