UML Adakan Workshop Pembuatan Buku referensi dan buku Ajar Bagi dosen

Universitas Muhammadiyah Lampung bekerja sama dengan Andi Offset Yogyakarta mengadakan workshop “Penulisan Buku Ajar dan Buku Referensi bagi Dosen Tetap Universitas Muhammadiyah Lampung”. Kegiatan yang diadakan pada rabu, 28 November 2018 di meeting room lantai 2 tersebut, dihadiri oleh 54 orang dosen tetap di lingkungan Universitas Muhammadiyah Lampung.

 

Sebagai pemateri, hadir dari pihak Andy Offset, Joko Irawan Mumpuni. Dalam paparannya beliau menyampaikan tentang pentingnya menulis bagi seorang dosen. Seorang dosen diwajibkan untuk membagi ilmunya ke khalayak luas, termasuk kalangan mahasiswa. Transformasi ilmu tersebut dapat dilakukan melalui media buku ajar, diktat, jurnal, dan lain-lain. Ketika menulis, seorang dosen bukan hanya akan mendapat keuntungan dari segi profit semata, tapi juga pengabdian serta akan bermanfaat untuk memenuhi regulasi/akreditasi.

Beliau juga menyampaikan seorang dosen pada dasarnya tidak dapat dilepaskan dari aktivitas menulis, baik buku ataupun jurnal. Untuk menjadi guru besar misalnya, salah satu syarat yang harus dipenuhi yaitu sudah membuat buku yang berkaitan dengan bidang ilmu yang ditekuninya. Hal tersebut dilakukan untuk mengasah kemampuan akademik dosen sebagai kelompok intelektual.

Kegiatan workshop ini dibuka oleh Warek I, Dr. Any Nurhayati, Psikolog. Dalam sambutannya Beliau menuturkan bahwa dosen pada dasarnya tidak dapat dilepaskan dari tugas utamanya sebagai seorang pengajar. Namun disamping itu, seorang dosen juga harus memiliki kemampuan menulis, baik dalam bentuk jurnal maupun buku. Karenanya kampus memfasilitasi dengan mengadakan pelatihan penulisan buku ajar dan buku referensi tersebut. (Humas UML)