Kuliah Umum Fisipol UM Lampung

Fisipol UM Lampung gelar kuliah umum dengan tema “Reformasi Birokrasi Menuju Pelayanan Publik Prima”. Kegiatan yang dilaksanakan pada Jum’at (07/12/2018) di auditorium KH Ahmad Dahlan UM Lampung tersebut dihadiri oleh seluruh dosen dan mahasiswa Fisipol UM Lampung. Sebagai narasumber utama hadir Nur Rakhman, S.Sos. (Kepala Ombdusman Perwakilan Provinsi Lampung) dan Dr. Ari Darmastuti (Akademisi dan Pemerhati Kebijakan Publik).

Dekan Fisipol, Zulman Barniat, M.IP., dalam sambutannya mengharapkan mahasiswa Fisipol UM Lampung untuk hadir disetiap kegiatan kuliah umum, terlebih yang diadakan oleh Fisipol. Menurutnya, ilmu yang didapat oleh mahasiswa dari dosen di kelas perlu juga diimbangi dengan ilmu dari para pakar yang sudah kompeten dibidangnya.

Selain itu, Rektor mengapresiasi kegiatan kuliah umum yang diadakan Fisipol UM Lampung tersebut. Beliau juga berharap, Fisipol dengan dekan barunya dapat memperbaiki pelayanannya sehingga menjadi Fisipol yang unggul, berdaya saing dan terfavorit di Lampung.

Nur Rakhman, menyampaikan tujuan reformasi birokrasi, antara lain untuk merubah pola pikir dan budaya kerja yang belum sepenuhnya mendukung birokrasi profesional, memperbaiki pelaksanaan program dan kegiatan agar sesuai prosedur yang baku dan terstandarisasi, merubah sistem pengawasan internal , memperbaiki sistem monitoring, evaluasi dan penilaian , memperbaiki fungsi dan kewenangan antar instansi pemerintah yang tumpang tindih.

Beliau juga menyampaikan tiga hal terpenting dalam pelaksanaan reformasi birokrasi yaitu, komitmen pimpinan, pelaksanaan yang sesuai ketentuan, dan keterlibatan secara aktif semua anggota tim.

Dr. Ari Darmastuti dalam kesempatan tersebut menerangkan, pelayanan prima adalah salah satu usaha yang dilakukan lembaga untuk melayani pelanggan dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan dan memenuhi kebutuhan serta keinginan pelanggan, baik yang berupa produk barang atau jasa.

Menurutnya, pelayanan prima hanya mungkin dilakukan oleh lembaga dan pegawai yang memiliki kompetensi yang baik, baik kompetensi dasar (integritas, kepemimpinan, perencanaan dan pengorganisasian, kerjasama, dan fleksibilitas) maupun kompetensi khusus (sesuai bidang tugasnya). (Humas)