HMJ Pendidikan Bahasa UML adakan Pelatihan Dasar Kepemimpinan (LDK)

Bandar Lampung – Mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) FKIP Universitas Muhammadiyah Lampung (UML) yang tergabung dalam kepengurusan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) mengadakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan(LDK) pada 15 Desember 2018 bertempat di meeting room lantai 2 kampus setempat. Kegitan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam hal pengelolaan, dan sinergitas organisasi kemahasiswaan.

Acara tersebut dihadiri 50an peserta dan dibuka langsung oleh rektor Universitas Muhammadiyah Lampung, Dr. Dalman, M. Pd. Dalam sambutannya Rektor yg sangat energik ini memberikan apresiasi terhadap kegiatan LDK yg diprakarsai oleh HMJ PBI FKIP UML. Menurut Dalman, ini adalah kegiatan yg sangat baik diikuti oleh semua mahasiswa yg tergabung dlm kepengurusan organisasi kemahasiswaan. “Latihan Dasar Kepemimpinan ini dapat memberikan pemahaman terhadap mahasiswa bagaimana cara mengelola dan memimpin organisasi kemshasiswaan dgn baik sehingga organisasi yg dikelola bisa tumbuh dan berkembang dgn sukses. Dulu ketika saya menjadi mahasiswa juga saya senang berorganisasi. Bahkan saat sekarang pun banyak organisasi yg saya ikuti dan menjadi pengurus. Dari berbagai pengalaman berorganisasi tersebut sangat membantu saya sebagai rektor dlm mengembangkan kampus UML” ujarnya ketika memberi sambutan. Rektor UML ini juga menyarankan kpd seluruh peserta agar senang berorganisasi di kampus dan dapat bersinergis dgn pihak kampus dan pihak mitra (luar kampus) utk mengembangkan almamater (UML) tercinta.
Hal ini sangat sejalan dgn apa yg disampaikan oleh ketua prodi PBI, Hesti, M.Pd. yang sangat mendukung atas terselenggaranya kegiatan ini. “Kegiatan ini dapat dijadikan sebagai proses pembelajaran bagi mahasuswa PBI. Apalagi kegiatan latihan dasar kepemimpinan ini adalah baru pertama kalinya diadakan oleh HMJ prodi PBI. Jadi, kegiatan ini sangat penting dan wajib diikuti oleh pengurus HMJ PBI” tutur kaprodi PBI yg sangat supel ini.

Mengawali acara sambutan dalam kegiatan LDK ini, ketua panitia pelaksana Alifi Nurhakiki mahasiswa semester 3 prodi PBI FKIP UML menyampaikan bahwa kegiatan Latihan dasar Kepemimpinan ini sengaja diselenggarakan agar mahasiswa yg tergabung dalam kepengurusan HMJ PBI dapat melaksanakan tugas HMJ dengan baik. Ia mrngatakan bahwa tema yang diangkat yaitu: Membangun spirit guna terwujudnya universitas Muhammadiyah Lampung yg berkemajuan”.

Perwakilan dari pengurus HMJ PBI FKIP UML, Sugiyanto dalam sambutannya pun sangat mendukung acara ini dan mrmberikan motivasinya kepada teman-teman mahasiswa utk selalu bersinergis dlm mengembangkan organisasi yg diikuti.

Dalam kegiatan LDK ini panitia menghadirkan 4 orang narasumber/pemateri yg sangat mumpuni dalam bidangnya, yakni:
1. Wawasan tentang Universitas Muhammadiyah Lampung disampaikan oleh Dr. Dalman, M.Pd. selaku rektor UML
2. Antropologi Kampus disampaikan oleh Hertia, S.Pd. (mantan presiden mahasiswa STKIP PGRI Bandar Lampung)
3. Hubungan antar Organisasi Kemahasiswaan kampus UML disampaikan oleh Amin Fauzi (presiden BEM UML)
4. Kesekretariatan/Tata Kelola Organisasi Kampus , disampaikan oleh Agus Santoso, M.Pd.T. (Wakil Rektor 3 UML). (Humas)