Apa itu Perbankan Syariah?

Perbankan syariah adalah jurusan yang sudah umum dijumpai sekarang. Sayangnya masih banyak orang yang belum paham betul tentang program studi ini. Perbankan Syariah sendiri merupakan sebuah sistem perbankan dimana pelaksanaannya atas dasar dari hukum islam atau syariah. Sistem ini dibentuk berdasarkan beberapa aturan dan larangan yang ada dalam agama Islam.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Ini?

Dunia perbankan syairah di Indonesia sedang mengalami peningkatan yang sangat signifikan, tren tersebut dikarenakan perkembangan Bank Syariah serta badan usaha/lembaga yang mengadaptasi ekonomi Islam syariah dalam menjalankan aktivitasnya tengah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Namun hal tersebut tidak dibarengi dengan ketersediaan sumber daya manusia SDM yang handal dan professional dibidangnya. Oleh karena itu, tuntutan tenaga ahli dan professional dalam bidang perbankan syariah semakin dibutuhkan dan meningkat setiap tahunnya.

Selain keuntungan lapangan kerja yang disediakan oleh bidang perbankan syariah terhitung sangat luas, keuntungan lainnya untuk kuliah pada program studi perbankan syariah adalah banyaknya lembaga-lembaga usaha kecil dan besar mulai menerapkan system ekonomi syariah dalam menjalankan bisnisnya. Disinilah dibutuhkannya lulusan program studi perbankan syariah yang handal dan professional untuk mengisi pos-pos kosong tersebut.

Prospek Kerja Jurusan Keuangan dan Perbankan

Program studi ini umumnya berjenjang Diploma, baik Diplima 3 (D3) ataupun Diploma 4 (D4) atau setara dengan Strata 1 (S1). Namun ada juga beberapa perguruan tinggi yang menyediakan prodi ini dalam jenjang S1. Karenanya lulusan prodi ini dapat bergelar Ahli Madya ataupun Sarjana Ekonomi. Lulusan memiliki kesempatan yang besar untuk berkarier di bidang keuangan. Prospek kerja di jurusan ini sangat terbuka lebar banyak profesi yang dapat bekerja sebagai praktisi di bank Syariah dan lembaga keuangan non bank, konsultan keuangan Syariah, trainer di lembaga keuangan Syariah dan entrepreneur Syariah.

Profesi dan Karir Lulusan Keuangan dan Perbankan

  • Praktisi di Perbankan Syari’ah
  • Praktisi di Lembaga Keuangan Syari’ah non Bank
  • Peneliti Keuangan Syari’ah
  • Trainer di Lembaga Keuangan Syari’ah
  • Entrepreneur Syari’ah
  • Praktisi Perbankan Syariah;
  • Teller, Customer Service, Marketing, Manager, Owner Lembaga Keuangan Syariah;
  • Asisten Peneliti Perbankan Syariah;
  • Konsultan Perbankan Syariah, dan Keuangan Syariah;
  • Entrepreneur Syariah;
  • Pegawai Bank;
  • Akuntan, dan sebagainya.

Pembukaan program S1 Perbankan Syariah sangat relevan dengan arah pengembangan Universitas Muhammadiyah Lampung sebagai salah satu perguruan tinggi swasta. Program studi Perbankan Syariah telah diselenggarakan sejak tahun 2015. Saat ini program studi Perbankan Syariah telah mendapatkan status akreditasi BAN-PT.

Prodi PS memiliki sasaran yang hendak dicapai dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, keislaman dan kemuhammadiyahan, serta kerjasama sehingga dapat menjadi program studi yang unggul, kompetitif, menghasilkan lulusan yang profesional, dan kompeten di bidang keuangan syariah.

Gelar Sarjana Ekonomi (S.E.), diberikan kepada lulusan Prodi Perbankan Syariah dengan peluang kerja/usaha terbuka bagi mereka, diantaranya:

Noorikah Pandayana Hesti Saputeri, M.E.Sy ( Kaprodi S1 Perbankan Syari’ah )