Program Studi Sastra Inggris (Prodi Sasing) diselenggarakan berdasarkan SK Menristek Dikti RI No. 630/KPT/I/2017, di bawah naungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Lampung dengan bidang keahlian kesusastraan dan linguistik.

Tujuan dari Prodi Sasing diantaranya untuk mempersiapkan lulusan yang berkualitas unggul, mandiri, dan berjiwa entrepreneur, sehingga menghasilkan generasi muda yang intelektual, kreatif, dan tangguh.

Fokus utama Prodi Sasing ialah pada pengembangan dan peningkatan kualitas lulusan dalam skill translasi, jurnalistik, kepanduwisataan, dan interpretasi yang berbasis pemanfaatan perkembangan IPTEKS.

Prodi Sasing dikelola secara profesional, objektif, dan humanis dengan orientasi pendidikan bermutu unggul yang berjiwa entrepreneur berdasarkan IPTEKS dan nilai-nilai Al-Islam Kemuhammadiyahan.

Lulusan Prodi Sasing UML berhak mendapatkan gelar Sarjana Sastra (S.S.). Prodi ini pun memiliki peluang kerja yang lebih banyak dari yang lain. Kenapa? Karena Sastra Inggris fleksibel. Lulusan Sastra Inggris lebih berwawasan luas karena mempelajari budaya negara asing dan juga paham filosofi, serta perumpamaan yang ngga semua orang mengerti.

Ada banyak peluang karier yang menanti lulusan Sasing. Prospek dan peluang kerja lulusan Sasing UML sangat terbuka lebar. Kalian bisa masuk ke bidang media masa, penerbitan, kesekretariatan, bidang perbankan, penerbangan, sumber daya manusia, hubungan masyarakat, pariwisata, pendidikan dan pengajaran, perdagangan dan industri, serta komunikasi pemasaran. Kalian bisa masuk ke sektor swasta maupun sektor pemerintah. Setelah lulus, para sarjana sastra bisa menjadi pekerja mandiri, misalnya mendirikan lembaga bahasa Inggris yang melayani kursus maupun jasa translasi, dapat pula membuka lembaga perjalanan wisata, dan sebagainya.

Lulusan Sastra Inggris juga dapat bekerja di berbagai bidang, mengingat bahasa Inggris adalah bahasa internasional. Berikut ulasannya:

  • Lulusan Sastra Inggris dapat berkarir di bidang public relation, translator dan interpreter;
  • Jurnalisme, seperti menjadi jurnalis/reporter, editor, dan lain sebagainya;
  • Pariwisata, seperti tour guide dan biro perjalanan;
  • Pendidikan, seperti menjadi seorang guru, tutor, instruktur bahasa Inggris, dan peneliti;
  • Penerbitan, seperti menjadi penulis atau editor;
  • Entertainment, seperti menjadi seorang aktris/aktor dan master of ceremony (MC)/presenter;
  • Periklanan, seperti menjadi content writer, copywriter, dan marketing;
  • Kesekretariatan, seperti korespondensi dan pelaporan dalam bahasa Inggris; dan
  • Lulusan Sastra Inggris dapat menjadi seorang wirausaha ataupun bekerja di perusahaan asing, perusahaan maskapai penerbangan, kedutaan besar, lembaga swadaya masyarakat, dan sebagainya.