Rektor UML : Ayo Perangi Covid-19

Pandemi corona virus 2019 atau dikenal sebagai pandemi Covid-19 adalah peristiwa menyebarnya penyakit Covid-19 di seluruh dunia. Penyakit ini disebabkan oleh corona virus jenis baru yang diberi nama SARS CoV-2. Wabah Covid-19 pertama kali dideteksi di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok pada bulan Desember 2019 dan ditetapkan sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 11 Maret 2020. Hingga 15 April 2020, lebih dari 2.000.000 kasus Covid-19 telah dilaporkan lebih dari 210 negara dan teritori, mengakibatkan lebih dari 120.000 kematian dan lebih dari 400.000 kesembuhan.

Upaya untuk mencegah penyebaran virus di Indonesia diantaranya pembatasan perjalanan, pemberlakuan jam malam, penundaan dan pembatalan acara, serta penutupan fasilitas. Juga kegiatan pembelajaran di sekolah dan universitas, telah ditutup baik secara nasional atau lokal dan melakukan kegiatan pembelajaran secara daring (dalam jaringan).

Universitas Muhammadiyah Lampung juga telah memberlakukan sistem kuliah secara online dan WFH (Work from Home) atau disebut juga sistem bekerja dari rumah bagi seluruh karyawan UML sebagai upaya pencegahan Covid-19. Rektor UML Dr. Dalman, M.Pd menghimbau kepada seluruh civitas akademika UML baik itu mahasiswa, dosen dan juga karyawan untuk tetap menjaga kesehatan tubuh dengan membiasakan pola hidup sehat agar terhindar dari Covid-19.

“Pandemi Covid-19 ini adalah wabah yang sudah menghampiri seluruh dunia. Kita menjalani bersama-sama. Kita harus hidup sehat, menjalani pola hidup sehat seperti yang telah dianjurkan pemerintah, yakni rajin mencuci tangan dan hidup bersih.” Jelas Dalman, saat diwawancarai via daring, pada hari Kamis (16/4/2020).

Dalman juga menghimbau dan mengajak seluruh civitas akademika UML dan masyarakat sekitar untuk tetap berada di rumah dan menggunakan masker, serta menjaga jarak dengan orang lain saat harus keluar rumah untuk mengurangi penyebaran virus corona.

“Saya berpesan kepada seluruh civitas akademika UML dan juga masyarakat umum untuk tetap di rumah, gunakan masker jika terpaksa harus ke luar rumah, jangan lupa untuk selalu berdoa agar mendapatkan perlindungan juga supaya musibah ini bisa segera berlalu”, Pungkasnya.

Berdasarkan Surat Edaran Rektor UML, sampai tanggal 28 Mei 2020 seluruh kegiatan di kampus UML termasuk kegiatan perkuliahan dilakukan secara daring, begitu juga untuk seluruh karyawan UML untuk menerapkan sistem WFH sehingga pelaksanaan dan pelayanan administrasi dapat terus berjalan, jadi untuk teman-teman calon mahasiswa UML yang ingin mendaftarkan diri tidak perlu khawatir, cukup daftarkan diri #dirumahaja melalui website https//:www.pendaftaran.uml.ac.id. Ikuti prosedur/langkah penggunaan, ikuti syarat dan ketentuan yang berlaku, maka kamu akan terdaftar sebagai calon mahasiswa UML.