Sosialisasi Program Beasiswa Percepatan 500 Doktor di UML oleh LLDikti 2

UML.AC.ID – Program Doktor adalah program pendidikan strata 3 yang ditujukan untuk memperoleh gelar akademik doctor sebagai gelar akademik tertinggi. Berdasarakan keputusan mendikbud RI no. 212/U/1999 tanggal 6 sepetember 1999 tentang pedoman penyelengagraan program doctor.

Rektor UML Dr. Mardiana dalam sambutannya menyampaikan bahwa memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada segenap elemen civitas academika untuk terus berkompetisi di bidangnya masing-masing, misalnya kami mendorong dosen untuk selalu aktif, kritis dan kreatif dalam setiap kegiatan dan  memacu para dosen untuk melanjutkan studi ke jenjang S3 sehingga dapat  mengembangkan inovasi-inovasi yang berguna bagi masyarakat, serta memberikan dukungan bagi unit-unit kerja di lingkungan UML untuk selalu dapat meningkatkan mutu layanan. (28/4/2022)

“Tujuan program  percepatan 500 doktor LLDikti 2 adalah IAPT 3.0 dalam rangka menuju PT akreditasi unggul dengan minimal 50% dosen bergelar doktor.  Studi lanjut sangat penting bagi dosen untuk meningkatkan kualitas kompetensi akademik dan dalam pengembangan riset. Oleh karena itu, kami sangat berharap para dosen yang masih berstatus S2 untuk melanjutkan studi untuk melanjutkan studi S3 ke PTN yang sudah bekerjasama dengan LLDIKTI wilayah II” Ujar Mardiana.

Implementasi aksi periode 1 adalah telah  terlaksananya MoU atau kerjasama dengan 5 PTN yaitu Universitas Gajah Mada, Universitas Sebelas Maret, Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Andalas.

LLDikti Wilayah II telah bekerja sama dengan Lima Perguruan Tinggi Negeri. Kerja sama ini dilaksanakan untuk menginformasikan kepada dosen tetap Perguruan Tinggi di lingkungan LLDikti Wilayah II agar mengikuti studi lanjut sebagai upaya peningkatan kualitas akademik dan untuk pendidikan yang lebih bermutu.

Demikian disampaikan Kepala LLDIKTI Wilayah II, Prof. Yuliyansyah, Ph.D. saat membuka acara Sosialisasi Program beasiswa 500 doktor di Universitas Muhamamdiyah Lampung (UML) kepada para dosen tetap ber-NIDN.

“Potensinya sangat besar. Saat ini sebanyak 7.450 dosen tetap di lingkungan LLDikti Wilayah II masih berkualifikasi pendidikan S2. Potret dosen yaitu 0.3% Guru besar sebanyak 26 orang, sedangkan dokto ada 779 orang lalu lektor kepala S2 ada 216 orang dan lektor kepala S3 ada 161 orang. Kita harapkan ada kuota khusus bagi dosen  yang mau studi lanjut. Sehingga, ke depan setidaknya 25 persen dosen di lingkungan LLDikti Wilayah II sudah berkualifikasi doktor,” kata Prof. Yuliyansyah. (Bastian/Humas/08117811414)