Percepatan Penyusunan Akreditasi Perguruan Tinggi Universitas Muhammadiyah Lampung

UML.AC.ID – Akreditasi merupakan sebuah proses evaluasi dan penilaian secara keseluruhan berdasarkan kewajiban perguruan tinggi terhadap kualitas dan kapabilitas penyelenggaraan program tridarma perguruan tinggi, untuk menentukan program yang memadai. Persiapan dilakukan menyangkut teknis pelaksanaan, pembagian tugas serta penyiapan pengisian instrumen yang akan dinilai.

Rektor Universitas Universitas Muhammadiyah Lampung (UML) Dr. Mardiana, M.Pd.I memimpin rapat dengan agenda percepatan penyusunan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) Universitas Muhammadiyah Lampung (UML) Tahun 2022, Selasa (28/6) Pukul 10.00 WIB di Meeting Room II Lantai II Kampus I UML.

Pejabat yang hadir dalam rapat tersebut diantaranya, Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr. Any Nurhyaty, Wakil Rektor II Bidang SDM, Emy Sri Purwani, M.Si;  Dekan FISIP, Drs. Nur Islam, M.IP; Dekan FKIP Musiman, M.Pd; Dekan FAI, Ahmad Luviadi, M.Pd.I; Dekan Fakultas Teknik, Hamimi, M.Si; Dekan Fakultas Psikologi, Setriani, M.Psi; Kabiro AUK Alvin Yuswan, Kepala LPMU Desrina Hardianti, M.Pd.; Sekretaris LPMU, Ruri Handayani, M.Pd.; Para Kabag dan sejumlah anggota Tim APT/Gugus Mutu.

Dalam pembukaan rapat tersebut, Rektor UML Dr. Mardiana, M.Pd.I. meminta kepada seluruh pimpinan dan seluruh sivitas akademika yang terlibat dalam proses APT untuk berkonsentrasi penuh dan bekerja keras demi suksesnya APT ini. Karena menurutnya akreditasi dapat memberikan harapan bagi UML untuk menjadi Universitas pilihan dan semakin berkembang di masa akan datang. Selain itu akreditasi dapat menjadi kebanggaan sekaligus modal dasar bagi mahasiswa untuk bersaing di dunia kerja.

“Rapat ini bentuk tindaklanjut dari hasil pantau akreditasi perguruan tinggi oleh majelis diktilitbang PP Muhammadiyah dan untuk dapat mengoptimalisasi segala potensi yang dimiliki Universitas Muhammadiyah Lampung untuk meningkatkan input mahasiswa.”. Ujar Mardiana.

Lebih lanjut, Dr. Mardiana mengatakan bahwa akreditasi institusi adalah tanggungjawab kita bersama termasuk seluruh unit kerja yang ada di lingkungan Universitas Muhammadiyah Lampung. Oleh karena itu, semua harus menyiapkan diri sesuai tugas dan fungsi masing-masing. Dikatakannya pula, seluruh tahapan persiapan akreditasi akan dikoordinir oleh Kepala LPMU UML, Desrina Hardianti, M.Pd . Ujarnya.

Pada akhir kegiatan rapat dilaksanakan sesi diskusi bersama untuk menyatukan persepsi seluruh peserta rapat koordinasi, sehingga diharapkan nantinya terjalin komunikasi, koordinasi dan konsolidasi hingga berakhirnya proses akreditasi oleh LAMDIK. Secara keseluruhan rapat koordinasi berlangsung secara lancar.(Bastian/Humas/08117811414)