Peningkatan Mutu UML dalam Rangka Akreditasi Prodi & Institusi

UML.AC.ID – Akreditasi merupakan penilaian dan penentuan status mutu suatu institusi dan program studi di perguruan tinggi berdasarkan standar mutu yang telah ditetapkan. Hasil dari akreditasi ini menjadikan status mutu perguruan tinggi dan prodi yang harus di ketahui masyarakat. Oleh karena itu, untuk mempersiapkan proses akreditasi seluruh program studi di lingkungan Universitas Muhammadiyah Lampung, Lembaga Penjamin Mutu Universitas (LPMU) UML menyelangarakan pendampingan Akreditasi Institusi dan Program Studi Melalui Review Borang laporan kinerja program studi (LKPS) dan laporan evaluasi diri (LED) Program Studi dan institusi yang akan di akreditasi.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 04 Agustus 2022 hingga 6 Agustus 2022, bertempat diruang Auditorium K.H Ahmad Dahlan Kampus I UML. Perserta Kegiatan ini melibatkan antara lain; (1) para ketua Prodi, (2) Gugus Penjaminan Mutu, (3) Tim Task force Prodi/Jurusan, dan (4) Tim TaskForce LPMU UML.

Pendampingan oleh Prof. Dr. Ahcmad Nurmandi, M.Sc dalam bidang penjaminan mutu

Kegiatan ini di buka Langsung oleh Rektor UML Dr. Mardiana, M.Pd.I. Dalam sambutannya rektor menyampaikan terima kasih kepada Prof. Dr. Achmad Nurmandi, M.Sc; Prof. Dr. Nano Prawoto, M.Si; Dr. Ahmad Sahide; M. Jafar Loilatu, M.IP; Danang Kurniawan, M.IP  yang telah menyempatkan waktunya untuk melakukan pendampingan dan berharap kepada para peseta agar dapat memanfaatkan waktu dan menggali ilmu untuk berkonsultasi langsung dengan Narasumber, dan menghimbau kepada unsur pimpinan yang ada di fakultas dan prodi untuk ikut terlibat langsung dan membantu dalam Akreditasi Program Studi dan institusi.

“Mari kita ikuti pendampingan peningkatan mutu Universitas Muhammadiyah Lampung dalam rangka untuk meningkatkan akreditasi prodi dan institusi kita, terlebih kepada bapak/ibu dosen yang JJA nya masih AA ini target kita harus Lektor”. Ucap Rektor.

Sementara, Prof. Achmad Nurmandi dalam sambutanya menyatakan harapanya bahwa dalam kegiatan ini dapat membantu Perguruan Tinggi yang saat ini “Belum Memiliki Akreditasi” untuk dapat menyusun dokumen borangnya dengan baik untuk di unggah ke Portal SAPTO dan segera memiliki Sertifikat Akreditasi yang diberikan oleh Ban-PT maupun LAMPT-Kes.

Peningkatan prodi dan institusi ini sangat penting maka kita semua harus saling mendukung dan harus solid satu sama lain. Jadi kita harus bersama-sama meningkatkan akreditasi itu. Perlu diketahui bahwa syarat perlu akreditasi diantaranya Lembaga Penjamin Mutu, dosen yang sesuai dengan kompetensi prodi, kurikulum harus OBED, matematika science harus ada setidaknya 25% dan ada MBKM-nya.

“Peningkatan harus selalu dan terus-menerus dilakukan, agar menjadi lebih baik lagi”. Kata Prof. Nur

Pembahasan secara detail nanti dimaksudkan agar prodi dan perguruan tinggi dapat mengetahui secara pasti kekurangan-kekurangan yang ada dalam masing-masing penyampaian Borang tersebut sehingga dapat memberikan perbaikan-perbaikan yang tepat sasaran serta dapat meningkatkan kualitas Perguruan Tinggi secara nyata untuk waktu yang akan datang. Katanya.

Selama kegiatan tersebut berlangsung, dokumen borang institusi dan prodi dibahas dan dikaji secara mendalam oleh para Narasumber dengan dibantu oleh Fasilitator dari majelis diktilitbang PP Muhammadiyah Prof. Dr. Ahmad Nurmandi,M.Sc. (Bastian/Humas/08117811414)